Sukses

Beli Gas dari Iran, RI Tunggu Pengajuan Harga

Indonesia akan membeli LNG Iran untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku masih menunggu pengajuan harga gas dari Iran sebagai tindak lanjut dari kunjungannya ke negara tersebut. Rencananya, Indonesia akan membeli LNG Iran untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Darmin mengungkapkan, kepastian pembelian LNG dari Iran masih menunggu pengajuan harga dari otoritas di negara tersebut. Jika harganya cocok, maka pemerintah akan mengimpor gas dari negara Timur Tengah ini.

"Bicarakan gas tapi kita belum tahu harga persisnya. Yang mereka sampaikan tapi kita sudah ajukan supaya mereka menyampaikan dalam waktu dekat. (Harga) Kita tanya dia dulu dong," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/3/2017).

‎Namun demikian, lanjut dia, kunjungannya ke Iran pada akhir bulan lalu lebih banyak membahas masalah perdagangan dan kerja sama bilateral antar kedua negara. Salah satunya soal sistem pembayaran ‎perdagangan.

‎"Kemudian perdagangan, memfasilitasi pembayaran perdagangan antar kedua negara, kemudian membicarakan preferensi tarif," dia menuturkan.

Sementara dalam bidang investasi, Darmin juga mengajak Iran untuk menanamkan modalnya pada pembangunan kilang minyak di Indonesia. Sebab Iran dianggap sebagai negara yang berpengalaman dalam dalam hal eksplorasi dan produksi minyak bumi.

"Kita sebenarnya utamanya menjalankan dan menyampaikan proposal mengenai kilang itu sebenarnya eksplorasi untuk memproduksi ini, memproduksi crude oil. Itu yang utama," tandas dia.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.