Sukses

Bank Indonesia Terapkan Strategi Khusus Mengentaskan Kemiskinan

Bank Indonesia akan terus melakukan edukasi mengenai pelayanan sistem pembayaran kepada masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menjadi salah satu pihak yang melakukan upaya penuh untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan Bank Indonesia demi mewujudkan tujuan itu.

Direktur‎ Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Eni V Panggabean menjelaskan, upaya yang dilakukan Bank Indonesia selama ini terbagi dalam lima hal.

"Pertama, kita selalu bersama pemerintah dalam memutuskan strategi keuangan inklusif yang sudah diluncurkan oleh Pak Presiden pada akhir 2016,"‎ kata Eni di Museum Bank Indonesia, Selasa (28/2/2017).

Dengan adanya stategi khusus di inklusi keuangan ini, diharapkan pada 2019 seluruh masyarakat Indonesia sudah bisa memiliki akses ke lembaga keuangan, baik perbankan ataupun nonbank.

Kedua, Bank Indonesia terus berupaya mengoptimalisasi agen keuangan digital di seluruh pelosok Indonesia. Terbaru, Bank Indonesia bersama pemerintah memberikan bantuan pangan nontunai.

Ketiga, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, Bank Indonesia mendorong semakin gencarnya program wirausaha. Dengan begitu, akan banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang lahir dan berkembang.

‎Keempat, Bank Indonesia akan terus melakukan edukasi mengenai pelayanan sistem pembayaran kepada masyarakat.

"Dan kelima, yang tidak kalah penting, Bank Indonesia memanfaatkan Financial Technology yang berkolaborasi dengan lembaga keuangan formal untuk mempeluas basis nasabah ke pelosok daerah," ujar Enny. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini