Emtek dan SCMA Raih Penghargaan Perusahaan Media Paling Inovatif

Oleh Achmad Dwi Afriyadi pada 24 Feb 2017, 21:36 WIB
Perwakilan dari Emtek menerima penghargaan Indonesian Most Innovatif Bussines Award di Hotel Pullman Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) didaulat menjadi perusahaan terbaik dalam berinovasi. Keduanya mendapat penghargaan The Winner of Indonesia Most Innovative Business Award 2017 Category Advertising, Printing, and Media yang diselenggarakan Warta Ekonomi.

Founder Warta Ekonomi Fadel Muhammad mengatakan, inovasi merupakan hal yang penting untuk mendorong kemajuan perusahaan. Inovasi merupakan sebuah gagasan untuk membuat hal-hal baru.

"Kita sadar inovasi sangat penting menjadi dorongan perusahaan maju. Pak Wapres ketika pidato CEO Award, pengalaman beliau, perusahaan profit besar karena mengimplementasikan inovatif yang bagus," kata dia dalam acara Warta Ekonomi-Indonesia Most Innovative Award 2017, Jakarta, Jumat (24/2/2017).

Penghargaan ini diberikan setelah Tim Riset Warta Ekonomi melakukan penilitian dengan metode desk research. Serangkaian kegiatan pada desk research hingga skoring dilakukan pada 27 Desember 2016 hingga 20 Januari 2017.

Dalam desk research, kandidat dipilih berdasarkan laporan tahunan dan pantauan Tim Riset Warta Ekonomi. Di desk research terdapat kurang lebih 250 perusahaan yang tergolong sebagai perusahaan inovatif yang terbagi ke beberapa kategori.

Dalam desk research informasi pun digali dengan memasukan kriteria seperti sejarah perusahaan, inovasi produk dan jasa, serta strategi perusahaan dalam kompetisi dan mengembangkan perusahaan dari 2013 hingga 2015. Selain itu juga menimbang kinerja keuangan di 2013 sampai 2015.

Setelah mendapatkan seluruh informasi di desk research maka ditentukan pemenang dalam tiap kategori. Dasar kriteria juga mempertimbangkan beberapa kriteria yakni visi dan misi dalam tiga sampai lima tahun ke depan, realisasi dan eksekusi strategi yang digunakan, keaslian produk, dan kemajuan kinerja bisnis perusahaan dan pengaruh pada pasar.

serangkaian penelitian tersebut, didapat 93 perusahaan inovatif dengan inovasi terbaik di masing-masing kategori industri. Kemudian ada enam perusahaan inovatif yang mendapat special mention.

Sejumlah pemenang Indonesia Most Innovative Business Award 2017 yang diselenggarakan Warta Ekonomi berpose bersama, Hotel Pullman, Jakarta, Jumat (24/2). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, kegiatan ini penting sebagai apresiasi karena melakukan inovasi dalam menghasilkan barang dan jasa. Menurut dia, kompetisi penting untuk menghadapi tantangan global.

"Peranan inovasi dalam ekonomi global semakin penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat barang dan jasa yang berubah dengan cepat," kata Oke.

Menurut dia, inovasi diperlukan untuk memenangkan persaingan global yang ketat. Terlebih ekonomi global saat ini juga semakin menantang.

"Kita ketahui ekonomi global dihadapkan rendahnya permintaan komoditas, lambatnya permintaan dunia, walaupun akhir ini tren positif tapi lambat kemudian arah kebijakan negara maju sangat berimbas ekonomi dunia termasuk Indonesia," pungkas dia. (Amd/Gdn)