Sukses

Jangan Pernah Tulis 5 Kata Ini di CV Anda

Dalam membuat CV harus berhati-hari dalam memilih kata. Jangan sampai hal tersebut bisa menjadi bumerang buat Anda

Liputan6.com, Jakarta Mungkin ini yang sering terjadi pada resume pekerjaan. Sementara banyak perusahaan yang menggunakan screening software dalam mengevaluasi CV kandidat.

Dikutip dari Karir.com, Menurut Jamie Hichens, Senior Talent Acquisition Partner Glassdoor, penggunaan kata atau konten dari resume menjadi landasan untuk karir seekers dalam mendapatkan pekerjaan impian mereka.

Maka dari itu, dalam membuat resume harus berhati-hari dalam memilih kata. Jangan sampai hal tersebut bisa menjadi bumerang buat Anda. Oleh karena itu, menurut sekelompok HR dan ahli resume memberikan masukan kepada Anda untuk membuat resume yang baik dengan tidak memasukkan 5 kata berikut ini.

Ambicious

Elizabeth Harrison, Client Service Manager dan Senior Recruitment Parner dari Decision Toolbox menjelaskan,  jangan pernah mencantumkan kata “Ambicious” di dalam resume Anda.

Sebaiknya Anda baca resume yang telah dibuat berkali-kali, atau cetak dan sediakan pulpen, berikan resume-mu kepada seseorang untuk membacanya.

Sebab, jika ada satu kata yang salah dalam resume dapat mengakibatkan Anda kehilangan kesempatan tersebut karena menandakan ketidaktelitian.

 Sinergi

Hichens menjelaskan kata sinergi tidak cocok untuk ditulis dalam resume. Sebab kata sinergi merupakan istilah yang sangat berlebihan.

On time
Sekali lagi, kandidat pekerja yang on time merupakan suatu harapan perusahaan. On time dalam waktu masuk kerja dan menyelesaikan tugas. Maka dari itu, sangat sia-sia jika Anda menuliskan kata tersebut di dalam resume.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak


“Tidak”

Kata “tidak” mencerminkan suatu yang negatif. Sebaiknya kata-kata yang mengandung makna negatif jangan dimasukkan ke dalam resume.

Resume harus menunjukan apa saja yang bisa Anda lakukan, bukan apa yang tidak bisa Anda lakukan,” kata Elizabeth Harrison, Client Services Manager and Senior Recruitment Partner dari Decision Toolbox.

Hobi

Sebaiknya jangan menuliskan konten yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, misalnya hobi. Karen itu merupakan hal sia-sia yang dapat membuatmu kehilangan kesempatan bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini