Sukses

Pertumbuhan Ekonomi RI Terbaik di Dunia Setelah India dan China

Dalam satu dekade terakhir, ekonomi Indonesia mampu tumbuh stabil di atas 5 persen.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi terbilang baik dalam 10 tahun terakhir. 

Bahkan pada tahun lalu, pertumbuhan ekonomi Indonesia masuk 3 besar dunia setelah India dan China.

Dia mengungkapkan, dalam satu dekade terakhir, ekonomi Indonesia mampu tumbuh stabil di atas 5 persen. Dan pada tahun ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan mencapai 5,1 persen.

"Ekonomi kita sebenarnya tidak terlalu buruk, dalam10 tahun terakhir di atas 5 persen, puncaknya 6 persen. Beberapa indikator, paling rendah di 2015-2016. Tapi sekarang diperkirakan 5,1 persen (2017)‎," ujar dia di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Sri Mulyani menjelasa‎n, pada tahun lalu di tengah kondisi ekonomi global yang belum membaik, Indonesia mampu mencatatkan pertumbuh‎an yang sangat baik.

Indonesia berada di urutan ke-3 pertumbuhan ekonomi terbesar setelah India dan Tiongkok. Hal ini menjadi tanda ekonomi nasional bisa terus tumbuh baik ke depannya.

Menurut Sri Mulyani, agar tren pertumbuhan ‎ini bisa terus terjaga, lanjut dia, maka pemerintah harus menjaga tingkat konsumsi masyarakat tetap berada di atas 6 persen.

"Indonesia dengan size 250 juta orang, midldle income class, purchasing power. Konsumsi kita menegaskan lebih dari 50 persen GDP kita. 5 tahun terakhir 6,8 persen. Selama konsumsi tumbuh diatas 6 persen dia beri daya dorong ekonomi domestik kita," tandas dia.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini