Sukses

BI Waspadai Banjir Bikin Inflasi Bergerak Liar

BI mengkhawatirkan kondisi cuaca ekstrem akhir-akhir ini pemicu banjir di beberapa wilayah di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) mengkhawatirkan kondisi cuaca ekstrem akhir-akhir ini pemicu banjir di beberapa wilayah di Indonesia. Banjir dapat mengerek harga pangan di pasar sehingga gerak inflasi berpotensi melonjak di 2017.

Gubernur BI, Agus Martowardojo mengungkapkan, laju inflasi di bulan ini lebih terkendali dibanding periode Januari lalu yang realisasinya 0,97 persen. Pada pekan kedua Februari 2017, inflasi berada di kisaran 0,35 persen.

"Survei kita masih sama 0,35 persen (inflasi) menunjukkan sudah lebih terkendali dibanding Januari sebesar 0,97 persen," kata dia saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Namun ada faktor pendorong inflasi yang dikhawatirkan Agus Marto, yakni kondisi iklim yang dapat meningkatkan harga pangan. Penyesuaian harga pangan dapat mendorong kenaikan inflasi.

"Kita harus menjaga kalau ada kondisi alam yang bikin volatile food tidak terjaga, panen gagal, ada masalah distribusi, ini juga bisa berdampak," ujar Mantan Menteri Keuangan itu.

Dia menjelaskan, BI telah mendapatkan informasi di wilayah Jawa Tengah Bagian Utara mengalami banjir, sehingga perlu ada langkah dari pemerintah daerah setempat untuk merespons supaya dapat menghambat inflasi.

"Ini tantangannya, selain inflasi dari harga barang yang diatur pemerintah (administered prices) akan naik lantaran ada penyesuaian tarif listrik golongan 900 VA. Kita harus merespons di volatile food supaya inflasi tetap sesuai target 4 plus minus 1 persen," ucap Agus.

Dirinya optimistis pemerintah mampu mengendalikan inflasi. Hal ini sesuai dengan pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjaga inflasi. "Kita sambut baik dan kita dengar koordinasi BI di daerah dan pemda sangat solid mengendalikan inflasi," Agus menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • BI atau Bank Indonesia merupakan bank sentral milik Negara Republik Indonesia.

    Bank Indonesia

  • Harga pangan merujuk kepada rata-rata tingkat harga untuk pangan dalam tingkat negara, wilayah dan global.

    Harga Pangan

Video Terkini