Sukses

Layanan Online Perluas Jangkauan Pangan Murah ke Masyarakat

Kementan harap toko tani Indonesia online dapat memberikan informasi kepada masyarakat soal harga bahan pangan.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menghadirkan Toko Tani Indonesia (TTI), Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) meluncurkan ‎TTI online dan TTI mobile. Kehadiran dua TTI ini diharapkan semakin mempermudah masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan berkualitas dengan harga terjangkau.

Plt Kepala Ketahanan Pangan Kementan Spudnik Sujono mengatakan, TTI online dengan alamat tti.pertanian.go.id dibuat untuk memberikan informasi kepada masyarakat soal lokasi TTI, jenis bahan pangan apa saja yang tersedia dan harga jualnya.

"Dengan online mereka bisa langsung kontak ke kelompok tani untuk kesediaan produksi dan sebagainya, itu akan memudahkan untuk penyaluran," ujar dia di Jakarta, Senin (13/2/2017).

Selain itu, lanjut dia, TTI online ini juga berfungsi sebagai tempat pendaftaran bagi masyarakat yang ingin membuka TTI di wilayahnya. Menu lain dalam TTI online ini antara lain untuk mengetahui tempat-tempat mana saja untuk memesan bahan pangan pokok.

‎"Tentu di sana bisa diakses, kalau perlu banyak bisa buka yang kelompok tani. Dia tahu persis berapa stok," tutur dia.

Selain TTI online, Kementan juga akan meluncurkan TTI mobile yang akan menyalurkan bahan pokok pangan ke permukiman masyarakat. ‎Ditargetkan, pada Maret 2017 akan ada 10 mobil yang akan menyalurkan bahan pangan di Jabodetabek.

‎"TTI tidak hanya pada lokasi yang ada, tapi juga ada Toko Tani yang mobile sedang dilakukan nanti akan jangkauannya lebih luas, terutama seperti di rumah susun yang butuh pelayanan yang memadai. Misalnya di mana mahal, dia turun," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.