Sukses

6 Jalan Tol Terpanjang di Dunia

Jalan tol ini bukan hanya menyambungkan kota. Panjang jalan yang besar membuat jalan tol ini juga bisa mengubungkan dua negara

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan jalan tol memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat di dunia. Selain meningkatkan mobilitas, jalan tol juga bisa meningkatkan efisiensi hingga distribusi produk aneka industri.

Diantara banyaknya jalan tol yang ada di dunia, ada beberapa diantaranya yang memiliki jarak yang sangat panjang. Tak heran apabila enam jalan tol ini didapuk sebagai jalan tol terpanjang di dunia.

Berikut ulasannya seperti dilaporkan Insidermonkey, Jumat (10/2/2017):

6. Jalan Tol China National 010
Panjang jalan tol: 5.700 kilometer (km)
Negara: China

Jalan tol ini merupakan jalan tol terpanjang di China. Jalan tol ini bermula di Tongjang menuju Hainan dengan melewati 8 provinsi.

5. Jalan Tol Golden Quadrilateral Network
Panjang jalan tol: 5.846 km
Negara: India

Jalan tol ini dikenal sebagai jalan tol penghubung utama karena menghubungkan empat kota besar di India. Kota besar tersebut antara lain Chennai, Delhi, Kolkata dan Mumbai. Jalan tol ini membutuhkan waktu 11 tahun untuk pembangunannya.

4. Jalan Tol Trans Kanada
Panjang jalan: 7.821 Km
Negara: Kanada

Walau memiliki jumlah populasi penduduk yang tidak besar, Kanada memiliki infrastruktur berupa jalan tol yang sangat panjang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan Tol Trans Siberian

3. Jalan Tol Trans Siberian
Panjang jalan: 11.000 Km
Negara: Rusia

10 Longest Highways In The World

Jalan tol ini memiliki panjang lebih dari 10 ribu kilometer. Jalan ini mampu menyambungkan beberapa tempat di Rusia sekaligus.

2. Jalan Tol Highway 1
Panjang jalan: 14.500 Km
Negara: Australia

Posisi kedua ditempati oleh jalan tol yang berada di benua Kangguru, Australia. Diberi nama Highway 1, jalan tol ini membentang 14.500 kilometer.

1. Jalan Tol Pan American
Panjang jalan: 48.000 km
Negara: Beberapa negara

Inilah jalan tol terpanjang di dunia yang terbentang dari Alaska di bagian utara Amerika menyusuri Meksiko hingga berakhir di bagian selatan Cile, negara di ujung Amerika Selatan. Tidak kurang dari 25 negara dilalui oleh jalan tol ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini