Sukses

Emtek Dukung BUMDes Lewat e-Commerce

Emtek melalui Bukalapak dan Blackberry Messenger mengajarkan sejumlah pelatihan untuk Badan Usaha Milik Desa

Liputan6.com, Jakarta Puluhan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) unggulan mengikuti pelatihan e-Commerce BUMDes di Desa Ponggok, Palanharjo, Klaten Jawa Tengah pada Selasa (7/2/2017). Pelatihan ini adalah hasil kerja sama antara Kementerian Desa PDTT, PT Bank Negara Indonesia dan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek).

Emtek melalui Bukalapak dan Blackberry Messenger (BBM), mengajarkan pengurus organisasi yang menaungi Usaha Kecil Menengah (UKM) di desa-desa ini. Selain itu, mereka juga diberi sejumlah pelatihan, seperti cara foto produk, penjualan produk di Bukalapak serta melakukan promosi di jejaring BBM.

Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi virus positif bagi BUMDes serta UKM yang ada di Indonesia. “Bersama-sama kami akan terus melakukan pelatihan yang diharapkan dapat memajukan perekonomian BUMDes dan desa-desa yang ada di seluruh Indonesia,” ujar Mulyadin Kamil, perwakilan Kementerian Desa PDTT.

 Kemendes, Emtek dan BNI Kerja Sama Kembangkan e-Commerce BUMDes

Ponggok sebagai desa wisata yang sudah maju menjadi pilot dari pengembangan ekonomi desa ini. Desa yang berlokasi di antara Solo dan Yogyakarta ini memiliki sejumlah lokasi wisata air dan budi daya ikan nila dengan omzet Rp 10,3 miliar pada tahun 2016.

“Kami harapkan pendapatan terus meningkat terutama pada liburan sekolah,” ujar Kelapa Desa Ponggok Djunaedi Mulyono menambahkan.

Semakin banyak produk-produk unggulan yang dihasilkan BUMDes perlu didukung dengan perluasan pasar melalui jalur pemasaran online. Emtek sebagai perusahaan berbasis teknologi berkomitmen mendukung visi pemerintah untuk memajukan ekonomi desa.

Pelatihan yang digelar 2 hari di 2 lokasi berbeda ini bukan hanya diikuti pengurus BUMDes Jawa Tengah dan DI Yogyakarta saja, namun hadir pula pengurus-pengurus BUMDes dari wilayah Blitar dan Malang. (Abi)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini