Sukses

Kepala Bappenas Usul Pemotongan Reklamasi Pulau G

Usulan penggeseran lokasi pulau G agar arus keluar masuk kapal-kapal tidak terganggu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengusulkan agar pulau buatan dan reklamasi Pulau G dipangkas 200 meter dari bibir pantai. Artinya lokasi pengembangan Pulau G digeser dari jarak 300 meter menjadi 500 meter.

"Kita usulkan supaya ada jarak yang lebih memadai untuk pergerakan kapal-kapal. Kalau untuk kepentingan yang lebih baik, ya pulau G diubah saja bentuknya," ujar Bambang saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, seperti ditulis Kamis (2/2/2017).

Usulan tersebut belum disampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. Lantaran usulan memotong lokasi Pulau G bagian dari kajian Bappenas.

"Tidak (diusulkan). Itu bagian dari kajian saja. Jadi bukan masalah keputusan tapi hanya masukan melihat kondisi yang sekarang," tambah Bambang.

Dia menjelaskan, usulan menggeser lokasi Pulau G supaya arus keluar masuk kapal-kapal tidak terganggu, sehingga perlu diberikan ruang lebih besar sehingga kapal dapat berlayar.

"Pertimbangannya karena terlalu dekat jaraknya, standarnya 200 meter. Kalau melihat sedimentasi dan segala macam, itu bisa lebih kecil lagi. Itu membuat alur masuk perahu terganggu, sehingga perlu di kasih ruang lebih besar supaya jadi lebih menjorok ke laut," ujar dia.

Terkait kabar yang menyebut pemotongan lokasi Pulau G karena mempertimbangkan pipa gas Pertamina dan jaringan kabel PLN, Bambang hanya menjawab singkat. "Itu kan urusan teknis. Jadi seharusnya diselesaikan secara teknis. Kita melihat pada alur lautnya," tegas Mantan Menteri Keuangan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini