Sukses

Begini Rencana Pemerintah buat Pengembangan Pelabuhan Merak

Pelabuhan Merak nantinya akan difokuskan hanya untuk dilalui kendaraan kecil saja.

Liputan6.com, Cilegon - Pemerintah berencana mendesain Pelabuhan Merak di Cilegon, Banten sebagai pelabuhan yang bisa menjadi tempat destinasi wisata bahari agar para pengguna jasa penyeberangan tak merasa jenuh.

"Kami juga sedang melihat perkembangan pembangunan dermaga tambahan. Ke depan harus melihat Merak ini menjadi destinasi, bukan hanya menyeberang tetapi ada entertainmen," kata Menteri BUMN Rini Soemarno saat meninjau pembangunan dermaga VI dan VII di Pelabuhan Merak di Cilegon, Senin (26/12/2016).

Sebab itu, dia  mengatakan, fasilitas dermaga akan ditambah terlebih dahulu agar arus lalu lintas kendaraan dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera dan sebaliknya dapat lebih lancar, terlebih saat puncak arus mudik dan libur panjang.

"Rencananya hanya tujuh, yang tujuh nanti lahannya area Pelindo II, sudah kita bicarakan supaya bisa dikerjasamakan. Ada juga rumah-rumah yang menyambung (dekat pelabuhan) bisa dibebaskan. Kita juga bicarakan dengan Danlanal agar bisa dikerjasamakan, supaya lebih nyaman bagi penumpang," Rini menjelaskan.

Pelabuhan Merak pun akan difokuskan hanya untuk dilalui kendaraan kecil saja. Sedangkan untuk kendaraan besar seperti truk dan kontainer, rencananya akan melalui Pelabuhan Panjang langsung menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

"Karena sebentar lagi jalan trans Sumatera selesai. Nanti mobil-mobil pribadi akan lebih banyak. Akhir Februari (dermaga VI) sudah bisa dipakai. Akhir Februari saya dengan Pak Menhub akan menyebrang kesana," tegas Menteri Rini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.