Sukses

Kalahkan Jakarta, Palembang Bakal Jadi Kota Tercantik di RI

Palembang bakal jadi tuan rumah balap motor MotoGP dan Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin tengah mengebut pembangunan infrastruktur menjelang dua event olahraga besar yang akan berlangsung pada 2018, yakni balap motor MotoGP dan Asian Games. Palembang menjadi tuan rumah dua event tersebut.

Alex mengatakan, pemerintah provinsi Sumsel akan segera mengerjakan pembangunan sirkuit MotoGP di kawasan Jakabaring, Palembang. Saat ini, lahan yang bakal digunakan untuk sirkuit MotoGP masih rawa-rawa.

"Ini MotoGP pertama di Indonesia. Sekarang lokasinya masih rawa-rawa, tapi nanti Oktober 2018 sudah masuk agenda Dorna," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Minggu (25/12/2016).

Asal tahu saja, lokasi pembangunan sirkuit MotoGP akan dibangun di atas danau tempat kejuaraan ski air SEA Games lalu. Untuk menyulapnya menjadi sirkuit dengan panjang lebih dari 4,3 kilometer itu, anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 600 miliar-Rp 700 miliar.

"Investasinya Rp 600 miliar-Rp 700 miliar. Itu kan pihak ketiga semua," ujar Alex.

Sementara untuk perhelatan Asian Games ke-18 di Palembang pada 2018, Alex menjelaskan, kemajuan pembangunan infrastruktur maupun fasilitas pendukung telah mencapai 90 persen. Tinggal tersisa 10 persen yang akan dikebut.

"Progres 90 persen, sedangkan 10 persen sisanya masih on going, seperti Light Rapid Transit (LRT), jalan tol, dan lainnya. Sedangkan Jakarta baru akan mulai pembangunan," tegasnya.

Dia menargetkan, pembangunan infrastruktur Asian Games akan tuntas 6 bulan sebelum Asian Games. Alex pun menjamin seluruh pembiayaan atau pendanaan pembangunan infrastruktur sudah tersedia mengingat Asian Games masuk dalam program prioritas nasional.

"Targetnya 6 bulan selesai semua sebelum Asian Games. Kalau sekarang datang ke Palembang lagi porak poranda, tapi nanti 6 bulan sebelum Asian Games, Palembang jadi kota paling cantik se-Indonesia, jadi tidak usah saingan dengan Jakarta lagi," ucap Alex.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.