Sukses

Desa di Kalimantan Ini Akhirnya Terang Benderang Usai 69 Tahun

PLN menggelontorkan investasi lebih dari Rp 4,3 miliar untuk mengalirkan listrik di Desa Sardangan, Kecamatan Kusan Hilir di Kalimantan.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) terus menggenjot penyaluran listrik ke semua wilayah di Indonesia. Kali ini, PLN berhasil menambah 1 desa yang akhirnya mendapatkan aliran listrik di wilayah Kalimantan.

Pekan lalu, PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kaselteng) mengalirkan listrik ke 8 desa di Kabupaten Tanah Laut dan 6 desa di Kabupaten Barito Kuala.

Desa yang akhirnya teralirkan listrik tersebut ialah Desa Sardangan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bambu. Wilayah yang terletak 18 kilometer (km) dari Kota Batulicin itu belum mendapatkan pasokan listrik sejak 69 tahun lalu.

Kepala Desa Sardangan Andi Tanda menyampaikan rasa syukur atas penyaluran listrik tersebut. PLN telah mewujudkan impian dan harapan masyarakat yang sudah menantikan listrik selama 69 tahun.

"Maaf kalau saya harus menitikkan air mata, ini merupakan perwujudan rasa syukur atas segala harapan dan penantian panjang kami selama ini, terima kasih PLN," kata dia, Sabtu (17/12/2016).

Manajer Niaga PLN Kalselteng M Aries mengatakan, PLN menggelontorkan investasi lebih dari Rp 4,3 miliar untuk membangun Jaringan Tengangan Menengah (JTM) sepanjang 11,6 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,5 kms dan 2 buah trafo dengan kapasitas 100 kilo Volt Ampere (kVA) dan 50 kVA.

Dia mengakui medan menuju desa sangat berat. Pasalnya, wilayah itu harus melalui perkebunan sawit dan karet ditambah harus menggunakan kapal ketinting untuk menuju lokasi.

Meski begitu, PLN tetap berupaya mengalirkan listrik di sana dan berharap masyarakat turut menjaga kehandalan aliran listrik.

"Kami mohon agar seluruh lapisan masyarakat dapat menjaga kehandalan aliran listrik dengan cara memangkas pohon yang hampir menyentuh jaringan listrik. Kesadaran untuk memangkas pohon yang tumbuh di dekat jaringan juga bermanfaat untuk keselamatan bersama," tandas dia. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

Video Terkini