Sukses

5 Tips Lepas dari Utang Meski Anggaran Terbatas

Utang bisa menjadi begitu menakutkan, terutama jika Anda mencoba untuk membayar utang pada anggaran yang sangat terbatas.

Liputan6.com, Jakarta - Utang bisa menjadi begitu menakutkan, terutama jika Anda mencoba untuk membayar utang pada anggaran yang sangat terbatas. Bila Anda tidak memiliki banyak uang lebih, tentu melakukan pembayaran utang adalah hal mustahil.

Utang juga dapat menyebabkan frustasi ketika Anda memiliki jumlah yang besar, sedangkan masih banyak pengeluaran untuk kebutuhan lainnya.

Anda mungkin lebih memilih untuk tetap menyicil utang walau sedikit demi sedikit daripada tidak ada pembayaran sama sekali. Jika Anda tidak memiliki dana darurat atau bahkan tidak dapat membayar tagihan saat ini, maka Anda mungkin perlu fokus pada isu-isu itu.

Melansir laman Cheatsheet.com, Minggu (11/12/2016), berikut adalah lima cara untuk keluar dari utang bahkan dengan anggaran terbatas:

 

1. Membuat rencana pembayaran

Membuat rencana pembayaran

Jika Anda ingin keluar dari utang, terutama dengan anggaran terbatas, maka Anda perlu rencana. Mulailah dengan menentukan berapa banyak utang yang Anda miliki dan menuliskan siapa saja pemberi pinjaman yang memberi Anda pinjaman uang.

Kemudian, Anda harus putuskan utang mana yang perlu lunas dahulu (Anda dapat menentukan ini dengan melihat jumlah utang, persyaratan pinjaman, dan tingkat bunga).

Selanjutnya, Anda perlu menentukan berapa banyak Anda mampu untuk membayar setiap bulan. Begitu telah menentukan berapa banyak Anda dapat membayar setiap bulan, Anda perlu mencari tahu berapa banyak jumlah total yang harus Anda beri ke setiap peminjam.

Hal penting lainnya, yaitu jika Anda tenggelam dalam utang, Anda juga dapat mencoba untuk menegosiasikan rencana pembayaran dengan pemberi pinjaman. Bisa saja pemberi pinjaman dapat membantu Anda mengurangi pembayaran atau Anda mungkin akan mendapatkan persyaratan pinjaman yang lebih baik.

 

2. Mengatur pemotongan otomatis

Mengatur pemotongan otomatis

Jika Anda memiliki anggaran terbatas, mungkin Anda merasa pembayaran sangat kecil tidak berarti. Namun, hal yang Anda anggap sedikit itu justru membantu. Menyiapkan pemotongan otomatis akan mencegah Anda jatuh ke dalam perangkap mencari alasan yang berbeda untuk tidak melakukan pembayaran utang.

Jangan lupa juga menentukan berapa banyak Anda mampu untuk membayar utang setiap bulan, dan memiliki uang yang dibayarkan secara otomatis. Namun, tetap pastikan diri Anda sesering mungkin memeriksa akun untuk menghindari kesalahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memotong biaya

3. Memotong biaya

Memotong biaya

Mulailah dengan mengevaluasi pengeluaran bulanan Anda, dan melihat apa yang dapat Anda ubah. Biaya pemotongan akan meninggalkan dana lebih untuk membantu Anda melunasi utang. Anda bisa mencoba memotong biaya pada hal-hal kecil, seperti berhenti makan di restoran, memotong televisi kabel, atau memilih untuk berolahraga di rumah dan di luar bukan di gym.

Selama Anda menggunakan uang lebih untuk melunasi utang, maka biaya pemotongan benar-benar akan membantu Anda keluar dari utang lebih cepat.

 

4. Ubah kebiasaan belanja

Ubah kebiasaan belanja

Mungkin awalnya tips ini terdengar seperti pemotongan biaya, namun sebenarnya sangat berbeda. Anda mungkin memiliki utang, seperti hipotek rumah, pinjaman sekolah, atau belanja di masa lalu. Maka cara baik yang harus Anda lakukan sekarang adalah memutuskan untuk berhenti belanja jika Anda ingin keluar dari utang dengan cepat.

Hal ini berarti bahkan jika hipotek adalah utang yang wajar, Anda perlu proaktif tentang membayar utang itu, dan Anda juga tidak perlu untuk membeli rumah yang lebih besar atau lebih mahal.

Jika Anda memiliki utang kredit, maka Anda harus tinggal jauh dari toko atau di mana pun tempat yang dapat menggoda Anda untuk menggunakan kartu secara tidak perlu, dan memilih untuk tidak menghabiskan uang.

Jika Anda benar-benar ingin bebas utang, maka Anda perlu memilih untuk membayar utang bukan menerima lebih banyak utang.

 

5. Mendapatkan bantuan

Mendapatkan bantuan

Mencari bantuan dari lembaga konseling kredit mungkin merupakan ide yang baik jika Anda merasa kewalahan dengan utang. Dari sana, Anda bisa mendapatkan saran begaimana menangani masalah keuangan Anda saat ini, nasihat tentang bagaimana mengelola uang Anda, dan bahkan membantu mengembangkan rencana.

Orang terkadang bertanya-tanya apakah mereka harus meminjam uang untuk melunasi utang. Jika Anda memiliki beberapa utang yang berbeda, Anda dapat mempertimbangkan konsolidasi pinjaman Anda.

Jika Anda tahu seseorang yang mampu membantu melunasi pinjaman Anda dengan imbalan tanpa bunga atau tetap ada bunga namun lebih rendah, ini mungkin ide yang baik jika Anda dapat menyetujui persyaratan. (Fitriana Monica Sari)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Utang adalah sesuatu yang dipinjam, baik berupa uang maupun benda.

    Utang

  • Uang adalah alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya.

    Uang

Video Terkini