Sukses

10 Industri Ini Tawarkan Gaji Paling Kecil ke Pegawai, Apa Saja?

Ada beberapa industri di Indonesia yang menawarkan besaran gaji yang tidak terlalu besar bagi pegawainya.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai gaji yang sesuai dengan keringat yang keluar sudah pasti menjadi idaman para pekerja. Hal ini menunjukkan bahwa kerja keras mereka mendapat penghargaan yang setara dengan kerja keras yang dilakukan.

Akan tetapi, ternyata ada beberapa industri di Indonesia yang menawarkan gaji yang tidak terlalu besar bagi pegawainya. Dalam survei yang dilakukan oleh karir.com, industri pendidikan menduduki posisi pertama yang memeiliki gaji rata-rata paling kecil.

Selain pendidikan, sektor pemerintahan, biro perjalanan hingga restoran juga memiliki gaji rata-rata yang kecil bagi pegawai.

CEO Karir.com Dino Martin mengatakan, bahwa fakta temuan ini sangatlah mengkhawatirkan. “Ironisnya, industri Pendidikan memiliki gaji rata-rata terendah, yakni Rp 3,8 juta per bulan," jelas dia seperti dikutip Sabtu (29/10/20160).

Terendah berikutnya adalah mereka yang bekerja di instansi pemerintahan dengan gaji Rp 4,1 juta. Biro Perjalanan juga mendapat gaji tak terlalu besar yaitu rata-rata Rp 4,3 juta.

Mereka yang bekerja di restoran juga mendapat gaji tak besar yaitu rata-rata Rp 4,3 juta. Selain itu, para pekerja percetakan dan kemasan rata-rata gajinya Rp 4,6 juta. 

Survei yang dilakukan oleh karir.com ini menelisik gaji rata-rata yang pada 84 industri pekerjaan di Indonesia. Dinamakan Salary Benchmark Insight 1.2. Survei ini diharapkan dapat mempelajari sikap dan motivasi pegawai dalam bekerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar industri

Berikut 10 industri dengan rata-rata gaji paling rendah:

1. Industri pendidikan
Gaji rata-rata: Rp 3,8 juta

2. Industri pemerintahan
Gaji rata-rata: Rp 4,1 juta

3. Industri biro perjalanan
Gaji rata-rata: Rp 4,3 juta

4. Industri restoran (F&B)
Gaji rata-rata: 4,3 juta

5. Industri percetakan
Gaji rata-rata: Rp 4,6 juta

6. Industri kesehatan
Gaji rata-rata: Rp 4,7 juta

7. Industri periklanan
Gaji rata-rata: Rp 5,3 juta

8. Industri ritel
Gaji rata-rata: Rp 5,6 juta

9. Industri media
Gaji rata-rata: Rp 5,7 juta

10. Industri otomotif
Gaji rata-rata: Rp 6,01 juta.

(Vna/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini