Sukses

4 Cara Ampuh Manfaatkan Media Sosial Buat Dapat Kerja

Walau media sosial lebih banyak dimanfaatkan untuk urusan pribadi, platform satu ini ternyata bisa digunakan untuk menarik minat HRD.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi yang semakin pesat ternyata membawa angin segar dalam dunia karier profesional. Lewat keberadaan media sosial, Anda bisa mendapat tawaran kerja yang diinginkan.

Walau media sosial lebih banyak dimanfaatkan untuk urusan pribadi, platform satu ini ternyata bisa digunakan untuk menarik minat HRD dalam menjaring karyawan baru.

Survei yang dilakukan oleh staff.com mengungkap sebanyak 92 persen perusahaan menggunakan media sosial untuk melihat profil calon kandidat dalam proses rekrutmen. Tidak jarang, mereka pun menolak seorang kandidat akibat profil mereka di media sosial.

Lalu bagaimana caranya agar media sosial yang Anda miliki bisa memberi dampak positif bagi karier? Melansir wayup.com, Selasa (25/10/2016) berikut 4 trik ampuh mendapat tawaran kerja lewat media sosial.

1. Tunjukan profil atraktif di setiap media sosial

Menunjukkan profil yang baik di media sosial sangat penting apabila Anda ingin dicap sebagai kandidat yang berkualitas. Hal ini dapat dimulai dengan mengunggah foto yang formal dan mencerminkan diri Anda. Profil yang menarik akan meningkatkan kesempatan Anda mendapat tawaran pekerjaan.

2. Gunakan Hashtag atau ikut grup

Selain menunjukkan profil yang atraktif, Anda juga bisa bergabung dengan grup yang memiliki minat yang sama. Hal ini dapat meningkatkan koneksi serta jaringan pertemanan.

Selain itu, Anda pun akan lebih mudah tahu mengenai info terbaru seputar lowongan kerja ataupun berita mengenai karier.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terhubung dengan kandidat profesional atau HRD perusahaan

3. Terhubung dengan kandidat profesional atau HRD perusahaan

Salah satu alasan yang membuat Anda sulit mendapat pekerjaan lewat media sosial adalah karena kurangnya koneksi yang dimiliki. Untuk itu, cobalah untuk terhubung dan berteman dengan kolega serta klien yang Anda kenal.

Anda juga bisa membangun koneksi dengan HRD perusahaan dan mulailah membangun jaringan dengan mereka.

4. Gunakan aplikasi untuk mengatur media sosial

Memiliki lebih dari satu akun media sosial memang bisa membuat Anda kesulitan untuk mengaturnya. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan aplikasi pengatur media sosial.

Lewat aplikasi semacam ini, Anda bisa mengatur semua media sosial dalam satu waktu sekaligus menghemat waktu dan tenaga. (Vna/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.