Sukses

4 Cara untuk Ciptakan Kesuksesan Keuangan

Agar bisa mencapai sukses keuangan maka Anda harus belajar dan mencari solusi untuk mencapai kesuksesan itu.

Liputan6.com, Jakarta - Apabila Anda ingin mencapai kesuksesan keuangan di masa depan, ada beberapa langkah dasar yang harus dilakukan demi mencapai tujuan tersebut.

Namun sayangnya ada banyak orang yang tidak memahami apa saja langkah-langkah dasar untuk menciptakan sukses keuangan sepanjang hidupnya.

Bahkan sebagian orang mengabaikan cara-cara tersebut. Banyak orang mendambakan bisa menjadi kaya dalam waktu yang singkat alias instan. Hal ini mustahil akan terjadi, kecuali Anda memenangkan undian atau menikah dengan orang kaya.

Agar bisa mencapai sukses keuangan, Anda harus belajar dan mencari solusi untuk menuju ke sana. Bukan hanya duduk diam dan menunggu kesempatan untuk datang.

Kesempatan harus dicari, bukan ditunggu. Berikut ini merupakan beberapa langkah dasar untuk menciptakan sukses keuangan yang bisa Anda lakukan.

Empat langkah ini merupakan langkah dasar atau umum yang harus Anda lakukan. Setelah berhasil melakukan langkah-langkah dasar ini, akan ada langkah-langkah lain yang termasuk dalam proses menuju kesuksesan keuangan seperti dikutip dari www.cermati.com, Rabu (31/8/2016):

1. Membuat perencanaan dengan baik

Anda sudah memahami apa definisi sukses secara keuangan menurut Anda. Kini Anda bisa memulai menyusun daftar apa saja yang diperlukan untuk menuju ke sana.

Anda bisa menuliskan tujuan untuk jangka panjang terlebih dahulu, paling tidak 5-10 tahun mendatang. Bisa juga ingin ditulis mulai dari 20-40 tahun mendatang.

Setelah memiliki tujuan jangka panjang, Anda bisa memecahnya jadi beberapa bagian. Setelah itu, buat rencana jangka pendek dari pecahan rencana tersebut, apa saja yang ingin dilakukan terlebih dahulu.

Proses yang dilakukan secara bertahap merupakan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mencapai kesuksesan secara keuangan. Proses ini ibarat lari maraton, Anda harus berjalan langkah demi langkah pada satu waktu untuk mencapai garis akhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rajin Memberi kepada Orang Lain

2. Jauhi besar pengeluaran daripada pendapatan

Jangan sampai uang yang Anda keluarkan lebih besar daripada pendapatan Anda. Banyak orang yang tidak menyadari mereka masih sering melakukan hal ini. Sebenarnya banyak orang yang tidak menyadari akan kebiasaan ini. Taraf hidup yang tinggi membuat orang terlena dan menjadi konsumtif.

Mulai dari sekarang, sebaiknya Anda mulai menyeimbangkan antara pengeluaran dan pendapatan. Jangan sampai lebih besar, namun lebih baik ada sisa untuk ditabung.

Berhutang juga bisa dikategorikan sebagai kegiatan menghabiskan uang lebih dari penghasilan Anda. Jika Anda melakukan hutang, maka Anda hanya akan merasa puas sementara waktu saja.

Anda menjadi tidak tenang karena setiap bulan harus membayar cicilan, belum lagi biaya bunganya yang cukup besar. Menurut buku karya Thomas Stanley yang berjudul, "The Millionaire Next Door", banyak orang yang percaya salah satu alasan utama untuk bisa sukses secara keuangan ialah dengan cara keluar dari jeratan hutang. Coba menahan diri untuk membeli sesuatu yang memang Anda butuhkan, bukan hanya Anda inginkan saja.

3. Rajin memberi pada orang lain

Anda ingin menjadi kaya, namun Anda harus berbagi rezeki pada orang lain. Sebagian besar orang yang diberkati secara keuangan biasanya orang yang rajin memberi kepada orang lain yang membutuhkan.

Memberi merupakan salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjamin kesuksesan keuangan. Bukan sekadar uang, Anda bisa memberi waktu, sumber daya, atau diri Anda kepada orang lain. Hukum timbal balik akan berlaku penuh di dalam kehidupan Anda. Saat Anda memberi, maka Anda akan menerima lebih dari itu.

3 dari 3 halaman

Melakukan investasi

4. Melakukan investasi

Jika Anda memiliki uang lebih, jangan ragu untuk berinvestasi. Anda bisa memilih beberapa produk investasi yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda.

Bisa berupa saham, obligasi, emas, tanah, atau bisnis. Namun investasi seperti itu saja pun tidak cukup. Anda harus melakukan bentuk investasi lain seperti meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Jika Anda selalu melakukan hal ini, maka Anda akan selalu menjadi pribadi yang berkembang dari waktu ke waktu. Mungkin Anda akan mendapatkan uang yang lebih dari ini.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kebiasaan-kebiasaan yang Anda terapkan setiap hari demi kesehatan. Berpikir dan bekerja secara efisien agar tubuh Anda selalu sehat dan bugar.

Anda juga bisa berinvestasi hubungan dengan keluarga atau rekan Anda. Semakin banyak Anda peduli dengan orang lain, maka akan semakin banyak pula orang yang menyayangi dan peduli pada Anda. Ciptakan koneksi yang baik dengan orang lain sebanyak-banyaknya. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini