Sukses

Exit Brebes Perlu Rekayasa Lalu Lintas

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan pemantauan terhadap kelancaran arus mudik Lebaran 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan pemantauan terhadap kelancaran arus mudik Lebaran 2016. Beberapa lokasi yang mendapat perhatian lebih dari Kementerian Perhubungan tol Brebes, Jawa Tengah dan Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. 

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, untuk tol Brebes, perlu adanya rekayasa lalu lintas. Alasannya, padatnya pemudik yang melalui jalur tersebut membuat kemacetan panjang.

"Kalau di jalan raya Exit Brebes harus ada contra flow. Harus ada pengaturan dan pengalihan arus dan sebagainya. Di beberapa pintu tol memang antre," kata Jonan di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Sabtu (2/7/2016).

Titik mudik lain yang mendapat sorotan dari Kementerian Perhubungan adalah Pelabuhan Merak. Di pelabuhan tersebut juga sempat terjadi kemacetan hingga 8 km. Kemacetan tersebut karena antrean yang cukup panjang bagi kendaraan yang akan menaiki kapal.

"‎Merak itu tadi malam katanya sampai 8 km-10 km ya biasa aja, normal aja asal mengalir. Tadi pagi sisa 2 km-3 km sekarang mestinya sudah lancar. Saran saya ASDP atur lagi," ujar dia. 

Kepadatan juga terjadi di Stasiun Kereta Pasar Senen Jakarta Pusat. Namun untuk kepadatan di stasiun tidak terlalu bermasalah karena jadwal kereta sudah sesuai. 

"Stasiun Pasar Senen saya kira biasa aja. Saya kira hari ini 23 ribu penumpang. Kalau Pasar Senen itu padat karena yang datang penumpang dan yang mengantar. Sampai tadi lancar saja," jelas dia.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugiharjo mengatakan, panjangnya antrean menuju Pelabuhan Merak lantaran ada unsur pengendalian. Dia bilang, pengendalian tersebut untuk mengurangi kepadatan di pelabuhan.

"Kalau masyarakat melihat ke Merak sampai pagi masih antrian keluar tol, bukan karena dalam dermaga penu‎h tetapi karena memang ada unsur pengendalian. Butuh 200 kendaraan baru dilepas. Karena itu mengimbau masyarakat tahun ini yang beda di Mera‎k bisa beli tiket tidak hanya area dermaga merak tapi di rest area km 43 dan 68 silahkan beli di sana sehingga masuk Pelabuhan Merak masuk ke gate khusus," tandas dia.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini