Sukses

Kemenhub Angkut 6.428 Motor Gratis ke Kampung Halaman

Kemenhub menyatakan penumpang yang akan menggunakan moda angkutan bus melalui program mudik gratis 15.265 penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengadakan mudik gratis telah memenuhi kuota pada 2016.Setidaknya akan ada 6.428 motor yang bakal diangkut dengan menggunakan‎ truk ke beberapa kota tujuan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur secara gratis.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hemi Pamurahardjo mengungkapkan dengan jumlah motor yang diangkut, penumpang yang akan menggunakan moda angkutan bus yang melalui program mudik gratis ini sebanyak 15.265 penumpang.

"Kuota yang tersedia untuk mudik gratis Kemenhub 2016 menggunakan bus sebanyak 8.400 sepeda motor," kata Hemi, Selasa (28/6/2016).

Adapun kota–kota tujuan mudik gratis Kemenhub 2016 dengan moda bus adalah Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, dan Semarang.

Selain itu, jumlah penumpang yang telah mendaftar untuk arus balik mudik gratis Kemenhub 2016 dengan moda bus sebanyak 7.876 penumpang. Jumlah sepeda motor yang diangkut untuk arus balik berjumlah 3.371 buah dari total kuota 3.600 sepeda motor. Kota–kota untuk arus balik yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang

Rencananya penumpang mudik gratis dengan moda bus diberangkatkan pada Sabtu 2 Juli 2016 dari Taman Mini Indonesia Indah. Sementara itu, sepeda motor yang telah terdaftar dapat diserahkan pada 29-30 Juni 2016 dan akan diangkut dengan truk terlebih dahulu pada 1 Juli 2016 dari Perum BULOG Divre 1 Jakarta, Jl. Perintis Kemerdekaan, Jakarta Utara.

Kementerian Perhubungan menyelenggarakan mudik gratis pemudik sepeda motor 2016 untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalan selama masa penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2016 sehingga keselamatan dan kenyamanan mudik lebaran dapat terlaksana dengan baik.

Hal ini merupakan fokus kerja Menteri Perhubungan Ignasius Jonan untuk terus meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi, meningkatkan kapasitas, serta meningkatkan kualitas pelayanan jasa transportasi kepada masyarakat.‎ (Yas/Ahm)

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

Ingin tahu bagaimana siapkan dana mudik? Simak video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.