Sukses

PLN Percepat Bangun Pembangkit Listrik Gas demi Proyek 35 Ribu MW

PLN membangun PLTG di luar Jawa antara lain Aceh, Bangk Belitung, dan Gorontalo.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) mengejar pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas/PLTG dengan total kapasitas 2 ribu Mega Watt/MW. Hal tersebut untuk mengejar operasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap/PLTU yang masuk dalam program kelistrikan 35 ribu Mw.

Direktur Utama PLN Sofyan Basyir mengatakan, PLTG yang akan dibangun adalah milik PLN. Pembangunan dipercepat dari yang dijadwalkan pada 2018-2019. Pembangunan PLTG tersebut dilakukan di wilayah luar Jawa.

"Di luar Jawa, kalau di luar Jawa itu gasnya dipercepat karena dikhawatirkan 2017-2018 tidak terburu pembangkit tenaga uapnya, sehingga posisi gas yang nanti 2018-2019 itu kita kejar IPC yang punya PLN kita jalankan dulu gasnya," kata Sofyan, di Jakarta, Jumat (17/6/2016).

Sofyan mengungkapkan, PLTG tersebut ada yang sudah mulai dibangun, terseba‎r di Aceh, Bangka Belitung, dan Gorontalo. Dalam tiga bulan ke depan sudah ada yang mengalirkan listrik. Total kapasitas PLTG tersebut mencapai 2 ribu MW.

"Kemarin yang kami pergi sama Presiden itu gas semua, itu dalam 3 bulan ke depan hidup, menghasilkan listrik, karena sudah taraf konstruksi setengah jadi," ungkap Sofyan.

‎Sofyan melanjutkan, pembangkit tenaga gas tersebut masuk dalam program kelistrikan 35 Ribu MW, dan sudah diresmikan mulai pembangunannya oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

"Itu kalau dari 35 ribu MW, yang kita mau tarik lebih cepat, kira-kira antara 2 ribu sampai 3 ribu  MW, antara lain yang di ground breaking pak Jokowi," ujar Sofyan. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini