Sukses

Hadapi Lebaran, Bank Mandiri Siapkan Dana Rp 25,4 Triliun

Bank Mandiri memastikan seluruh operasional layanan ATM akan tetap terjaga dengan membentuk tim ATM yang akan selalu siaga selama liburan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk akan mengoperasikan 200 kantor cabang secara bergantian di seluruh Indonesia selama cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1437 H agar dapat tetap dapat melayani kebutuhan masyarakat.

Khusus pada 4, 5, 7 dan 8 Juli 2016, layanan yang diberikan adalah untuk penerimaan setoran BBM atau non BBM dari SPBU dan transaksi perbankan terbatas.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan, layanan transaksi perbankan terbatas yang diberikan meliputi penarikan tunai, setoran tunai dan transfer antar rekening Bank Mandiri. Adapun jika nasabah akan melakukan penarikan tunai di atas Rp 20 juta, nasabah harus menginformasikan sehari sebelumnya.

“Pengoperasian sebagian kantor cabang ini terutama dimaksudkan untuk menjamin ketersediaan pasokan BBM untuk kebutuhan harian masyarakat serta untuk membantu nasabah yang membutuhkan uang tunai dalam jumlah yang besar,” tutur Rohan, Kamis (16/6/2016).

Di samping pengoperasian kantor cabang pada cuti bersama, Bank Mandiri juga menyiapkan Rp 25,4 triliun atau sekitar Rp 1,15 triliun per hari pada periode 20 Juni-11 Juli 2016 untuk memenuhi kebutuhan dana masyarakat di bulan Ramadan dan selama musim liburan Idul Fitri.

“Dari jumlah tersebut, 85 persen atau Rp 21,6 triliun dialokasikan untuk kebutuhan ATM dan 15  persen atau Rp 3,8 triliun untuk memenuhi kebutuhan cabang,” katanya.

Khusus untuk kebutuhan ATM, Rohan mengungkapkan, perseroan menyiapkan uang rata-rata sebesar Rp 2,0 triliun per hari pada dua pekan sebelum dan setelah Idul Fitri atau naik sebesar 10 persen dari hari biasa.

Menurut Rohan, sebesar 40 persen dari jumlah dana itu akan didistribusikan di wilayah Jabodetabek, sementara 60 persen lainnya akan disalurkan ke kota-kota besar di Indonesia di luar Jabodetabek seperti, Medan, Semarang, Surabaya dan Bandung.

Rohan menambahkan, pihaknya juga memastikan seluruh operasional layanan ATM akan tetap terjaga dengan membentuk tim ATM yang akan selalu siaga selama liburan.

Saat ini, nasabah Bank Mandiri dapat melakukan transaksi melalui 17.452 mandiri ATM. Selain itu nasabah juga dapat memanfaatkan lebih dari 50.000 ribu jaringan ATM Link dan lebih dari 76.600 jaringan ATM Bersama.

Perseroan juga menyediakan layanan 24 jam lainnya, yakni Mandiri SMS, Mandiri Mobile, Mandiri Internet dan Mandiri Call 14000. Seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi seperti Informasi rekening, Transaksi Transfer, Transaksi Pembayaran Listrik, Air, Televisi Berlangganan, Internet, Pembelian isi ulang Pulsa.

“Untuk membantu masyarakat melakukan penukaran uang kecil, Bank Mandiri juga menyiapkan satu unit Mandiri Mobil (Mamo) untuk melayani penukaran uang di kawasan Monas selama dua pekan, yakni pada 13 -24 Juni 2016,” pungkas dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini