Sukses

Strategi BI Layani Penukaran Uang Jelang Lebaran

Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara akan melaksanakan lima strategi pelayanan penukaran uang pecahan kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Kebutuhan uang kartal menjelang hari raya Idul Fitri 1437 H diperkirakan naik 14,3 persen atau Rp 4,8 triliun dari tahun sebelumnya RP 4,2 triliun untuk wilayah Medan dan sekitarnya.

KPw Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara akan melaksanakan lima strategi pelayanan penukaran uang pecahan kecil kepada masyarakat guna memenuhi kebutuhan itu. Lima strategi itu antara lain:

1. Layanan penukaran oleh 11 bank di delapan penjuru mata angin yaitu Bank Mandiri, Permata, BNI, BPD Sumut, BCA, Mestika Dharma, Mega, Maybank, Danamon, BRI Syariah, dan BSM.

Dalam hal ini terdapat 26 titik loket bank yang mewakili delapan penjuru mata angin yang tersebar di wilayah Medan, Binjai, Belawan, Tanjung Morawa, dan Lubuk Pakam.


2. Penukaran uang menggunakan kartu. Loket ini sudah berjalan efektif dilaksanakan sejak 7 November 2013. Sama seperti tahun sebelumnya saat menjelang hari besar keagamaan, termasuk saat menjelang Lebaran terdapat perlakuan khusus yaitu jadwal penukaran tetap dilakukan setiap Selasa dan Kamis dengan penukaran uang hasil cetak sempurna.

3. Layanan penukaran kas mobil di lapangan Benteng. Pada kegiatan kas mobil tersebut, akan diikuti oleh 12 mobil yang terdiri dari 11 mobil dan satu kas mobil BI.

11 bank itu antara lain Bank Permata, BNI, BPD Sumut, BRI, CIMB Niaga, Mega, BRI Syariah, Muamalat, BNI Syariah, Mestika dan Mandiri.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki uang logam dapat menukarkan di loket khusus mobil kas Bank Indonesia yang telah digunakan," ujar Direktur Eksekutif Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Difi Johansyah seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (8/6/2016).

4. Layanan kas keliling mobile yang akan dipusatkan di pasar-pasar tradisional serta instansi terkait di wilayah Medan dan sekitarnya.

5. Layanan kas mobil online, merupakan layanan kas berbasis online untuk masyarakat masa kini yang ingin melakukan penukaran dengan menyampaikan rencana penukaran paling lambat satu hari sebelumnya mulai pukul 08.00-15.00 WIB, dan mengambilnya di lokasi mobil kas keliling sesuai jadwal BI.

Difi menuturkan, kegiatan layanan itu akan dilaksanakan selama 15 hari kerja terhitung 13 Juni 2016-1 Juli 2016. Ada pun nominal yang dapat ditukarkan pada layanan penukaran di 8 penjuru mata angin, penukaran kas mobil di lapangan Benteng, dan layanan kas keliling mobile maksimal sebesar Rp 3,7 juta dengan pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5.000 dan Rp 2.000 masing-masing satu pak.

Sementara nominal yang dapat ditukarkan pada layanan C to C maksimal sebesar Rp 3,680 juta dengan kualitas HCS.

"Sedangkan khusus layanan kas mobil online, masyarakat dapat melakukan penukaran dengan jumlah minimal Rp 7 juta, dan maksimal Rp 15 juta per penukar per hari," tutur dia. (Ndw/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini