Sukses

Mendag Lembong Terharu Saat di Pasar Mama mama Papua

Menteri Perdagangan Thomas Lembong juga mendapatkan pengalaman menarik saat dampingi Jokowi di Papua.

Liputan6.com, Jayapura - Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong mendapat pengalaman menarik saat mendampingi Presiden Jokowi meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Raya Mama-mama Papua. Ia mendapat pengalaman pertama kali memegang babi.

"Ini pertama kali dalam hidup saya memeluk babi. Jadi sudah pasti tergores dalam otak saya sebagai hari yang istimewa," kata Thomas, di Jayapura, Papua, Sabtu (30/4/2016).

Thomas menyerahkan secara simbolis 60 ekor babi kepada sejumlah perwakilan suku-suku di Papua. Tidak hanya itu, Thomas juga menceritakan pernah menangis karena melihat kondisi berjualan kurang baik yang dialami mama-mama di Papua.

 

"Saya masih ingat begitu terharu melihat foto-foto lihat mama-mama yang dagang dalam kondisi tidak bisa diterima. Saya terpaksa keluar ruangan karena sulit menahan air mata," jelas dia.

Thomas menuturkan pembangunan pasar ini merupakan program Kementerian BUMN dan Pokja Papua. Pertama kali, niat pembangunan disampaikan adalah saat Jokowi memberikan janji kampanye Pilpres 2014, tepatnya pada 18 bulan lalu.

Presiden Jokowi juga meminta agar pembangunan dilaksanakan dengan cepat. Ia menargetkan rampung dalam waktu 10 bulan. (Silvanus A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.