Sukses

6 Pola Pikir Ini Bisa Jadi Pengendali Keuangan di Masa Depan

Anda harus memikirkan bagaimana peran uang di dalam hidup, atau bagaimana menyeimbangkan investasi, belanja, maupun tabungan.

Liputan6.com, Jakarta - Pola pikir Anda terhadap uang dapat mempengaruhi keberhasilan maupun kegagalan finansial di masa mendatang. Anda harus memikirkan bagaimana peran uang di dalam hidup, ataupun bagaimana menyeimbangkan investasi, belanja, maupun tabungan.

Keberhasilan mengatur finansial Anda sangat tergantung pada pola pikir. Bila Anda ingin mempertahankan keberhasilan hingga masa depan, paling tidak Anda harus memiliki pola berbeda terhadap uang.

Melansir dari lifehack.org, Selasa (29/3/2016) berikut adalah 6 pola pikir yang harus Anda miliki mengenai uang agar finansial bisa terus bertahan hingga masa depan.

1. Uang adalah alat, bukan tujuan

Anda bisa menggunakan perumpamaan mobil. Mobil tersebut adalah uang yang akan membawa pada tujuan finansial Anda. Bila Anda memiliki tabungan mungkin tidak akan terlalu memikirkan hal ini.

Tetapi, bila punya tujuan, maka Anda bisa memanfaatkan tabungan sebaik-baiknya demi mencapai tujuan Anda.

Dengan demikian, Anda harus mulai berpikir bahwa uang akan membantu untuk mencapai tujuan, bukan dengan menumpuk sebanyak-banyaknya sebagai tujuan.

2. Gunakan uang pada hal penting

Menabung dan mengurangi utang akan membuat diri Anda memiliki pendapatan yang lebih baik daripada sebelumnya. Dengan demikian Anda dapat menggunakan uang untuk apapun yang diinginkan.

Namun Anda juga harus cukup sadar bahwa untuk membuat kenangan dengan orang lain juga membutuhkan uang. Dengan membuat kenangan, maka Anda akan menciptakan relasi dengan orang-orang di sekitar. Hal ini jelas lebih berharga dibandingkan apapun.

Tetapi selain waktu dengan teman, Anda juga bisa menggunakan uang untuk keterampilan baru. Anda bisa mulai untuk mengambil les musik.

3. Pikirkan jangka panjang

Apa yang Anda lakukan dengan uang Anda hari ini akan berdampak pada kehidupan Anda 5, 10, atau bahkan 50 tahun mendatang.

Kehidupan seperti apa yang Anda inginkan? Apakah Anda akan mengejar gelar yang lebih tinggi sedangkan masih punya utang? Bagaimana Anda ingin menghabiskan masa pensiun?

Kadang-kadang, kita tidak memikirkan transaksi keuangan sehari-hari sehingga lupa mengenai masalah keuangan di masa depan. Namun, penting untuk memeriksa secara berkala segala tagihan Anda saat ini untuk jangka panjang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Investasi

4. Investasi bisa dilakukan semua orang

Saat ini, teknologi telah memungkinkan siapa saja untuk menjadi seorang investor dan menaruh uang mereka untuk investasi. Bahkan jika Anda seorang pemula, ada banyak sumber yang tersedia secara online untuk mengajarkan Anda dasar-dasar investasi.

Kunci sukses berinvestasi adalah memulai dari awal. Semakin awal Anda memulai, semakin banyak pendapatan yang diperoleh. Ketika Anda membuat rencana keuangan, pastikan untuk mempertimbangkan investasi.

5. Uang harus diatur dengan baik

Meskipun sekarang ini banyak teknologi otomatis yang mempermudah Anda untuk menabung, berinvestasi , dan membayar tagihan, Anda masih harus mengambil pendekatan lain untuk mengelola uang.

Anda tidak dapat mengatur dan kemudian melupakannya begitu saja. Lihat semua akun Anda secara teratur untuk memastikan semuanya bekerja seperti yang direncanakan. Sistem bisa saja rusak sewaktu-waktu.

6. Uang dihasilkan dari sesuatu yang berharga

Sepanjang kehidupan, pastikan Anda menyamakan uang dan pendapatan dengan penciptaan nilai. Dalam rangka untuk mendapatkan lebih banyak uang, Anda harus mencari lebih banyak cara untuk menciptakan nilai.

Anda dapat melakukan ini dengan mengambil tanggung jawab baru di tempat kerja, mencari pekerjaan yang lebih dihargai, atau dengan memulai sebuah bisnis yang memberikan nilai luar biasa kepada pelanggan. (Shabrina Aulia Rahmah/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.