Sukses

Tarif Baru Tol Suramadu Bakal Angkat Ekonomi Madura

Selama ini investor dinilai berpikir dua kali untuk investasi di Madura lantaran biaya transportasi mahal.

Liputan6.com, Surabaya - Warga Madura yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Madura (Ikama) Jawa Timur yakin dengan ada tarif baru jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) maka akan banyak pula para pengusaha yang datang ke Madura.

Ketua Ikama Jatim Buchori Imron mengaku optimistis investor mulai bersemangat masuk seiring diberlakukannya tarif melintas Jembatan Suramadu untuk kendaraan roda empat sejak awal Maret 2016.

"Kami yakin investor dan pengusaha semakin bersemangat membangun Madura yang imbasnya peningkatan perekonomian masyarakat setempat," kata Buchori kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (5/3/2016).

Buchori menambahkan, selama ini investor berpikir dua kali membangun Madura karena mahalnya biaya transportasi keluar masuk "Pulau Garam" tersebut.

"Kalau sudah turun 50 persen maka ini akan sangat membantu dan kami yakin perekonomian Madura semakin bergeliat," ujar  Buchori.

Buchori mengapresiasi kebijakan Presiden RI Joko Widodo yang memberikan persetujuan penurunan tarif masuk jembatan sepanjang 5,4 kilometer tersebut sebesar 50 persen.

Dirinya juga mengapresiasi kepada Gubernur Jatim Soekarwo dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang dinilainya telah berjuang mewujudkan tarif baru.

"Penurunan tarif 50 persen sudah sangat luar biasa. Tapi ke depan, tetap kami harapkan bisa 100 persen gratis," ujar Buchori.

Sekedar diketahui bahwasanya tarif baru melintas jembatan Suramadu resmi diberlakukan per 1 Maret 2016 pukul 00.00 WIB melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 60/KPTS/M/2016 Tanggal 24 Februari 2016.

Sesuai surat tersebut maka tarif untuk jenis kendaraan golongan I (sedan, jip, pick up/truk kecil dan bus) senilai Rp 15 ribu, kendaraan golongan II (truk dengan dua gandar) Rp 22.500.

Kemudian tarif untuk kendaraan golongan III (truk tiga gandar) Rp 30 ribu, golongan IV (truk empat gandar) Rp 37.500, dan golongan Golongan V (truk lima gandar atau lebih) Rp 45 ribu. (Dian K/Ahm)

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini