Sukses


Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memiliki Rumah

Membeli rumah merupakan salah satu keputusan terbesar dalam hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Membeli rumah merupakan salah satu keputusan terbesar dalam hidup lantaran rumah tersebut bakal menjadi hunian selamanya. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya dalam membeli rumah dilakukan secara hati-hati dan tidak ceroboh.

Banyak hal yang mesti diperhatikan dalam membeli rumah, di antaranya dari segi harga maupun kemampuan keuangan untuk memiliki rumah itu.

Nyatanya, membeli rumah tidak hanya mempertimbangkan aspek itu saja. Ada aspek penting lain seperti kondisi lingkungan supaya penghuni rumah menjadi kerasan.

Dikutip dari Asian Correspondent, Senin (15/2/2016) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli rumah:

1. Cari Agen yang Baik

Banyak pencari rumah mencari rumah baru dengan memanfaatkan agen layanan penyedia rumah. Untuk memilih agen yang tepat, tak ada salahnya Anda meminta rekomendasi dengan orang-orang yang ada di sekitar Anda.

2. Percaya pada Naluri

Bila sudah menemukan rumah yang akan dibeli, gunakan perasaan atau intuisi Anda. Tentu dalam hal ini cuma Anda yang tahu rumah seperti apa yang dinginkan. Percayalah pada naluri Anda.

3. Perhatikan Lingkungan Sekitar Rumah

Ketika membeli rumah, aspek lingkungan menjadi salah satu pertimbangan utama. Pastikan lingkungan yang ada di sekitar rumah tepat bagi Anda. Anda mesti melihat apakah rumah itu dekat dengan tempat belanja, makan serta sekolah.

4. Pilih yang Dibutuhkan

Sebaiknya calon pembeli rumah mesti tahu apa yang dibutuhkan. Maka dari itu Anda mesti melihat secara detil desain rumah yang ingin ditempati. Misalnya, jika Anda suka memasak maka carilah rumah dengan dapur yang luas.

5. Melihat desain rumah

Saat akan membeli rumah bayangkan Anda benar-benar akan tinggal di situ. Dari situ Anda bisa merancang furnitur apa saja yang akan dipasang.

6. Periksa Anggaran

Anggaran menjadi hal terpenting dalam memiliki rumah. Pembelian rumah tidak hanya menimbang aspek uang muka namun cicilan yang akan Anda bayarkan ke depannya. Dalam memiliki rumah, Anda mesti mengingat jika punya rumah harus membayar hal lain-lain seperti pajak. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.