Sukses

Sukses Lewati Hari Pertama Kerja dengan 5 Langkah Cerdas Ini

Asalkan Anda tahu bagaimana seharusnya bersikap, hari-hari pertama tak akan terasa panjang dan membosankan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak orang, hari pertama bekerja dapat menjadi hari yang cukup membebankan. Tuntutan untuk bisa beradaptasi di tempat baru hingga harus mampu berkenalan lebih dekat dengan teman kantor yang ada merupakan satu dari sekian banyak tantangan yang harus dihadapi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Asalkan Anda tahu bagaimana seharusnya bersikap, hari-hari pertama tak akan terasa panjang dan membosankan.

Tips berikut bisa “menyelamatkan” Anda di hari-hari pertama di kantor yang baru seperti melansir laman Business Insider, Senin (1/2/2016):

1. Persiapan dan bertanya

Mark Strong, seorang konsultan karir dari New York mengungkap, walaupun Anda harus membiasakan diri untuk mendengarkan orang dan memperhatikan kebiasaan baru di hari pertama Anda bekerja, tidak ada salahnya untuk mengajukan beberapa pertanyaan. Hal ini dapat menunjukkan bahwa Anda merupakan orang yang terbuka dan senang untuk belajar.

2. Datang lebih awal

Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan yang dapat terjadi di jalan, cobalah untuk berangkat lebih awal dari rumah. Dengan begini, Anda pun akan mampu sampai kantor lebih cepat dari yang ditentukan.

Namun, jangan terburu-buru untuk masuk ke kantor langsung. Cobalah berdiam di kedai kopi atau ruang tunggu hingga bos atau manajer HRD mempersilakan Anda untuk masuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya?

3. Membangun hubungan tepat

Dua faktor penting yang menjamin kesuksesan pekerjaan bukan hanya kemampuan untuk bergaul dengan rekan kerja, tetapi juga mampu mengasosiasikan diri Anda dengan tepat.

Dalam setiap lingkungan kerja yang cukup besar, Anda akan menemukan geng. Jika Anda ingin akhirnya naik di jajaran yang tinggi, Anda harus bergaul dengan orang-orang yang tepat.

4. Rileks

Jangan lupa untuk selalu merasa rileks dalam setiap kondisi yang Anda hadapi. Ini akan membantu Anda untuk mengoptimalkan produktivitas yang dimiliki.

5. Mengingat lokasi baru

Anda pasti kesulitan untuk mengingat lokasi baru dalam kantor seperti kamar mandi, pantry atau bahkan ruangan rapat. Biasakan diri Anda untuk mengingat hal ini agar nantinya tidak merepotkan orang untuk menjawab pertanyaan Anda soal arah. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini