Sukses

25 Negara Paling Aman di Dunia, Mana Saja?

Riset lembaga Legatum Prosperity Index menunjukkan kejahatan, kriminalitas, dan lainnya semakin sering terjadi di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Riset lembaga Legatum Prosperity Index menunjukkan kejahatan, kriminalitas, dan lainnya semakin sering terjadi di dunia.

Sekali pun di negara maju dan berkembang, bentuk kejahatan pasti terjadi. Dari seluruh negara di dunia, ada sejumlah negara yang dikatagorikan menjadi negara paling aman sedunia, berdasarkan Legatum. Dilansir dari world atlas, Minggu (24/1/2016), negara mana saja?

Daftar negara teraman didominasi oleh negara-negara Eropa. Dari 25 negara, Eropa menyumbang 17 nama dalam daftar, dan lainnya adalah dari Asia dan Oceania. Sementara Kanada adalah satu-satunya mewakili negara Amerika.

Eropa juga adalah satu-satunya benua yang tidak mengalami penurunan tingkat keamanan menurut Legatum, Tak pernah terlihat ada perang saudara atau kekerasan politik di Eropa membuat benua ini menjadi tempat paling aman untuk dikunjungi atau bahkan ditinggali.

Menurut Global Study on Homicide, Eropa, Asia dan Oceania punya tingkat pembunuhan paling rendah, dengan perbandingan 3 dari 100.000 penduduk. Bandingkan dengan Afrika 12,5 dan 16,3 di benua Amerika.

Analis ini juga mencatat kayanya sebuah negara berbanding luirus dengan tingkat keamanannya. Negara dengan ekonomi yang maju dan berkembang, pada umumnya berhubungan langsung dengan tingkat keamanan yang baik.

Data indeks ekonomi 2015 dari Legatum menunjukkan bahwa hanya satu negara kaya, yaitu China yang tidak masuk dalam daftar 25 besar negara teraman di dunia.

Lebih jauh lagi, hanya 5 dari 25 negara paling aman di dunia tidak masuk ke daftar negara dengan ekonomi tinggi. Dengan kata lain, hanya 5 negara paling aman di dunia tak masuk dalam daftar 30 negara terkaya berdasarkan GDP per kapita.

Negara mana saja yang masuk dalam daftar paling aman di dunia?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Negara Paling Aman di Dunia

Berdasarkan daftar dari World Atlass, berikut daftar negara teraman di dunia:

1. Spanyol

2. Republik Ceko

3. Inggris

4. Jepang

5. Jerman

6. Belgia

7. Belanda

8. Portugal

9. Korea Selatan

10. Austria

11. Australia

12. Slovenia

13. Swiss

14. Singapura

15. Selandia Baru

16. Luksemburg

17. Kanada

18. Norwegia

19. Denmark

20. Taiwan

21. Swedia

22. Irlandia

23. Finlandia

24. Islandia

25. Hong Kong

 

(Ndw/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini