Sukses

Tingkat Optimisme Orang Indonesia Tertinggi ke-2 di Dunia

Tingkat optimisme ini dapat berdampak pada tingkat kebahagiaan, pendidikan dan kesejahteraan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya peristiwa yang terjadi di seluruh penjuru dunia sering kali menarik atensi yang begitu besar dari masyarakat. Tidak jarang, hal tersebut dapat mempengaruhi optimisme masyarakat terhadap kondisi dunia saat ini.

Penelitian yang dilakukan oleh YouGov mengungkap bahwa China merupakan negara dengan penduduk paling optimistis. Seperti yang dilansir dari laman yougov.co.uk, Jumat (15/1/2016), 41 persen pengguna Internet di China mengaku bahwa mereka optimistis melihat dunia berkembang menjadi lebih baik. Sementara di posisi kedua ditempati Indonesia dengan persentase 23 persen.

Survei yang dilakukan kepada 18.000 orang tersebut mengungkap bahwa persentase keoptimisan warga China 10 persen lebih tinggi dibandingkan 16 negara lainnya.

Survei lanjutan yang dilakukan oleh Yougov mengungkap bahwa tingkat optimisme ini dapat berdampak pada tingkat kebahagiaan, pendidikan dan kesejahteraan seseorang.

Sementara itu, negara yang menempati posisi terendah adalah Prancis. Sekitar 81 persen warga negaranya mengaku bahwa mereka melihat perkembangan dunia justru semakin buruk. Hanya 3 persen yang mengaku optimistis melihat perkembangan dunia.

Australia juga menempati posisi bawah dengan presentase 70 persen warganya pesimistis bahwa kondisi dunia dapat menjadi lebih baik.

Berikut adalah peringkat hasil penelitian dari yougov terhadap tingkat optimisme warga negaranya:

1. China
2. Indonesia
3. Arab Saudi
4. Uni Emirat Arab
5. Denmark
6. Norwegia
7. Jerman
8. Swedia
9. Thailand
10. Singapura
11. Finlandia
12. Amerika Serikat
13. Inggris
14. Malaysia
15. Hong Kong
16. Australia
17. Prancis

(Vna/Ndw)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.