Sukses

7 Jurus Ampuh Tetap Bugar Saat Harus Kerja Lembur

Seringkali para pegawai terpaksa harus menyiapkan diri untuk terjaga semalaman demi menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Lembur atau bekerja melampaui waktu kerja wajar terjadi saat tugas sedang menumpuk, menghampiri tenggat waktu, atau akan melakukan tutup buku pada akhir bulan atau tahun. Para karyawan pun terpaksa harus menyiapkan diri untuk terjaga semalaman demi menyelesaikan pekerjaan.

Di saat seperti ini, rasa kantuk dan lelah sudah pasti menghampiri para profesional. Tak jarang mereka pun jadi kurang konsentrasi bahkan jadi jatuh sakit karenanya.

Lalu bagaimana caranya agar lembur berjalan sukses namun kesehatan tetap terjaga. Inilah beberapa tips yang bisa dilakukan seperti dilansir dari BBC, Jumat (15/1/2016):

1. Cicil tidur

Lembur semalaman pasti membuat tubuh kurang istirahat. Cara mengatasinya agar tidak terlalu mengantuk tentu saja dengan 'mencicil tidur'.

Beberapa hari sebelum bekerja hingga larut, sebaiknya Anda menjaga waktu istirahat yakni minimal tujuh jam sehari. Jika bisa, pergunakan juga waktu istirahat hari itu untuk tidur siang walau sebentar.

2. Asupan bergizi

Sibuk kerja dan kurang tidur adalah kombinasi sempurna untuk membawa seseorang terkena penyakit. Untuk itu, selain mencicil istirahat jagalah kesehatan dengan makan teratur dan mengkonsumsi asupan bergizi.

Komsumsilah makanan tinggi protein seperti dada ayam atau salmon. Hindari makanan banyak karbohidrat karena akan membuat mudah mengantuk. Selain makanan utama, Anda juga bisa memperoleh protein dari kudapan seperti kacang-kacangan.

3. Lampu terang

Saat sedang bekerja lembur, pastikan pula agar lampu ruangan kantor menyala dengan terang. Karena jika penerangan redup, tubuh bisa mengartikan bahwa itu waktunya untuk tidur.

Hindari pula menggunakan lampu yang memancarkan cahaya kekuningan yang menurut penelitian bisa membuat kita lebih mengantuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar tugas

 

4. Daftar tugas

Saat malam hari kemampuan kognitif menjadi berkurang. Padahal kita tengah mengerjakan tugas yang bisa jadi paling penting.

Untuk itu, kerjakanlah terlebih dahulu tugas yang membutuhkan berpikir dan menghitung. Setelah selesai, barulah Anda bisa menyelesaikan tugas yang bersifat rutin seperti mengatur dokumen.

5. Minum Kopi

Baik lembur atau tidak, kopi sering diandalkan para karyawan untuk membuat mereka tetap terjaga. Namun minum kopi juga butuh strategi.

Konsumsilah asupan berkafein hanya pada saat sedang bekerja lembur. Terlalu banyak minum kafein bisa menyebabkan penyakit maag pada beberapa orang yang sensitif.

6. Ruangan hangat

Jika Anda akan lembur sampai pagi, pastikan ruangan tidak terlalu dingin. Temperatur ruangan yang hangat dibutuhkan agar Anda tidak mudah jatuh sakit.

Hal ini dikarenakan suhu tubuh kita menurun pada jam tiga sampai empat dini hari. Jadi, jika suhu ruangan rendah, Anda pun akan merasa lebih dingin.

7. Tidur pagi

Sebagian perusahaan menuntut pekerjanya untuk tetap masuk kerja setelah lembur semalaman, tentu dengan sejumlah keringanan. Untuk kembali bugar pada hari tersebut, segeralah tidur setelah tugas selesai. Berilah waktu setidaknya dua jam demi mengembalikan energi tubuh.

Jika Anda harus pulang ke rumah, hindari menyetir sendiri. Karena berkendara setelah sehari tak tidur sangat berbahaya untuk Anda dan pengendara lain. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.