Sukses

Banyak Peminat, KAI Bakal Terus Operasikan Kereta Terpanjang

KA Kertajaya tambahan adalah KA komersial non subsidi berbeda dengan KA Kertajaya Reguler yang mendapatkan Subsidi (PSO).

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mengoperasikan KA Kertajaya Tambahan yang dijalankan dengan menggunakan 14 gerbong dan menjadi kereta terpanjang di RI. KA Kertajaya Tambahan ini dioperasikan untuk memenuhi permintaan angkutan Natal dan Tahun Baru. Ke depannya, KAI kemungkinan besar terus mengoperasikan kereta terpanjang tersebut.

Executive Vice President Daop 1 Jakarta, Apriyono Wedi Chresnanto menjelaskan, sejak di mulai di operasikan, KA Ekonomi Kertajaya Tambahan tersebut cukup banyak peminatnya. KA tersebut memiliki kapasitas angkut setiap keberangkatan adalah 14 kereta atau gerbong dan masing-masing kereta atau gerbong berisi 106 tempat duduk (seat), sehingga total tingkat keterisian penuh adalah 1.484 Seat.

"KA Kertajaya tambahan adalah KA komersial non subsidi berbeda dengan KA Kertajaya Reguler yang mendapatkan Subsidi (PSO), KA Kertajaya Tambahan dijalankan untuk mendukung masa angkutan Perayaan Natal dan Liburan Tahun baru 2016 dan memenuhi permintaan masyaraka dalam menggunakan transportasi Kereta Api jarak jauh," ujar dia dalam keterangannya, Selasa (5/1/2016).

Apriyono melanjutkan, sehubungan tingkat permintaan pasar cukup tinggi maka KA tambahan relasi Stasiun Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi yang dijalankan Setiap hari Senin, Rabu dan Jumat hingga nanti sampai tanggal (29/1) ini akan segera di evaluasi untuk bisa dioperasikan secara reguler.

Sementara itu SM Humas Daop 1 Jakarta, Bambang S Prayitno menambahkan, KA Kertajaya dioperasikan dengan jadwal keberangkatan dari stasiun Pasarsenen pukul 23.15 dan tiba di Surabaya Pasarturi 10.25 WIB  Sementara keberangkatan dari Pasarturi pukul 22.00 tiba di pasarsenen 09.00 WIB.

Sejak di operasikan, tingkat okupansi rata-rata 100 persen. Bahkan dari hasil keterangan volume melebihi kapasitas angkut 1.484 seat. Ini artinya volume dinamis mengingat adanya penumpang yang naik dan turun di stasiun berikutnya.

"Bagi masyarakat yang ingin menggunakan KA Kertajaya Tambahan ini dapat melakukan pembelian tiket melalui channel resmi yang kerjasama dengan PT. KAI dan untuk menghindari menjadi korban penipuan jangan melalui perorangan," tegas Bambang.

Ditambahkan Bambang, saat ini pembelian tiket KA dengan tarif promo dibandrol sebesar Rp 125.000,- yang berlaku mulai keberangkatan tanggal 4 Desember 2015 hingga 10 Januari 2016 dengan tarif normal Rp 150.000 rupiah.

Dengan diluncurkannya KA Kertajaya Tambahan dengan rangkaian yang lebih panjang ini, diharapkan masyarakat memiliki lebih banyak pilihan jadwal keberangkatan dengan KA untuk perjalanan tujuan Surabaya.

KA Kertajaya tambahan dengan rangkaian cukup panjang ini bisa beroperasi berkat dukungan pemerintah dalam membangun prasarana double track atau jalur ganda yang sudah beroperasi melalui lintas Jakarta-surabaya, lintas utara juga disamping untuk angkutan penumpang juga angkutan barang dengan rangkaian hingga 30 gerbong. (Yas/Gdn)


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.