Sukses

Agar Waktu Lebih Produktif, Coba 5 Tips Ini

Jika Anda dapat mengelola waktu hidup akan lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda dapat mengelola waktu dengan baik, maka akan baik pula hidup Anda. Sebab dengan mengelola waktu, Anda dapat mengasah keterampilan agar menjadi lebih baik.

Selanjutnya dengan menguasai manajemen waktu, Anda akan mendapatkan kesuksesan selama sisa hidup. Lantas bagaimana untuk mencapai hal itu?

Seperti melansir Lifehack.org, Senin (14/12/2015), terdapat lima tips bagaimana mengelola waktu kerja agar lebih efisien. Apa yang harus diperhatikan?

1. Strategi


Anda mungkin sudah merasakan dapat melakukan banyak kegiatan di waktu-waktu tertentu dalam sehari. Di mana, beberapa orang merasa momen produktif mereka adalah melakukan pekerjaan di pagi hari.

Namun alangkah baiknya, untuk mendapatkan ide-ide terkait pekerjaan, lebih baik Anda pikirkan pada malam hari. Dengan begitu Anda dapat menempatkan waktu untuk bekerja produktif.

2. Pakai pengingat waktu

Anda dapat memakai pengingat dalam bentuk jam atau melalui jam di smartphone. Hal ini menjadi cara mudah untuk mendapatkan gambaran waktu yang akurat dan mudah untuk mengetahui apa saja yang telah Anda lakukan dari menit ke menit. Aplikasi pelacakan waktu tersedia di internet untuk diunduh secara gratis atau berbayar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentukan prioritas

3. Prioritas


Salah satu cara terbaik membagi waktu kerja dengan istirahat, adalah seseorang harus dapat memprioritaskan hal penting lebih dulu.

Dalam sisi psikologis jangan menunda-nunda waktu, karena ketika Anda mengkategorikan batas waktu, Anda akan memulai bekerja tanpa hasil.

4. Fokus

Jika Anda tidak fokus dalam menghadapi kegiatan, Anda akan merasa kewalahan. Anda harus dapat memaksimalkan waktu dan memilih beberapa hal agar tetap fokus terhadap tanggung jawab Anda.

3 dari 3 halaman

Menikmati Waktu

5. Nikmati


Semakin Anda menikmati banyak waktu, semakin sedikit waktu untuk menyelesaikan beban Anda. Ketika Anda memiliki pemikiran untuk menghabiskan waktu, Anda tidak menikmati kegiatan-kegiatan Anda. (Adin/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.