Sukses

Indonesia Resmi Jadi Anggota OPEC Lagi

Indonesia sempat aktif menjadi anggota OPEC setelah sebelumnya tidak aktif di 2008.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan secara resmi Indonesia telah kembali aktif menjadi anggota O‎rganization of the Petroleun Exporting Countries (OPEC). Indonesia sempat aktif menjadi anggota OPEC kemudian tidak aktif di 2008.

‎"Mengenai OPEC, kita sudah resmi dikukuhkan kembali sebagai anggota yang kembali aktif, jadi tidak ada pengangkatan anggota, yang terjadi adalah yang semula suspend, sekarang Indonesia aktif kembali‎," kata Sudirman Said di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/12/2015).

‎Sudirman menegaskan, kembali aktifnya Indonesia ke dalam OPEC akan membawa beberapa keuntungan, mengingat hubungan dengan negara-negara pengekspor minyak akan lebih dekat.

Saat ini, dijelaskan Sudirman, Indonesia tengah melakukan seleksi terhadap beberapa orang untuk dijadikan perwakilan negara di dalam susunan organisasi tersebut.

‎"Karena kan ini kesempatan baik untuk terus berinteraksi, bergaul dengan mereka, menjalin jaringan dengan mereka, karena suasana harga minyak kan sedang begini, jadi bagus untuk mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya bagi Indonesia," paparnya.

Mengenai perwakilan Indonesia di OPEC, Sudirman mengaku mereka harus melalui beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu seseorang yang benar-benar capab, yaitu seseorang yang benar-benar mampu dan memiliki integritas tinggi, dan bisa mewakili suara pemerintah Indonesia.

‎"Di samping itu jangan lupa kita punya posisi unik, karena di samping kita bergabung dengan OPEC, kita juga bergabung dengan IEA, dan juga mungkin akan bergabung dengan International Energy Forum yang berpusat di Saudi Arabia, di Riyadh," tutup Sudirman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini