Sukses

Miliarder Termuda hingga Wanita Terkaya di Indonesia

Hanya ada satu nama wanita yang masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes.

Liputan6.com, Jakarta - Majalah Forbes baru saja mengeluarkan daftar 50 orang terkaya di Indonesia untuk tahun 2015 ini. Hampir seluruh nama yang masuk daftar 50 orang terkaya di Indonesia adalah pria. Hanya ada satu nama wanita yang masuk ke dalam daftar tersebut.

Dia adalah Kartini Muljadi. Wanita berusia 85 tahun ini menempati posisi 28 dalam daftar orang terkaya di Indonesia dengan nilai kekayaan mencapai US$ 715 juta.

Berikut daftar berita paling populer di kanal bisnis Liputan6.com, seperti dirangkum Sabtu (5/12/2015). Klik tautan judul untuk membaca berita selengkapnya.

1. Kartini, Satu-satunya Wanita dalam Daftar 50 Orang Terkaya RI

Kartini Muljadi memiliki bisnis di sektor kesehatan atau farmasi dengan bendera Tempo Scan Pacific. Nilai kekayaannya jika dibandingkan dengan tahun lalu turun cukup besar.

Di akhir 2014, kekayaan dari Kartini mencapai US$ 1,1 miliar. Penurunan tersebut lebih disebabkan karena volatilitas nilai tukar rupiah yang cukup tinggi.

Meskipun nilai kekayaannya turun cukup tinggi, namun peringkat Kartini di dalam daftar Forbes berada di atas Irwan Hidayat pemilik Sido Muncul, Arifin Panigoro pemilik Medco, dan Sjamsul Nursalim pemilik Gadjah Tunggal.

2. 5 Orang Terkaya di RI Kantongi Harta Rp 491 Triliun

Orang Indonesia berkontribusi dalam peringkat miliarder-miliarder terkaya dunia. usaha dan bisnis yang sukses menghasilkan kekayaan yang jumlahnya sangat besar.

Sebut saja pengusaha seperti Hartono, pemilik Grup Djarum, Susilo Wonowidjojo, Anthoni Salim hingga Chairul Tanjung adalah nama-nama 5 besar orang terkaya dunia.

Hartanya bukan lagi ratusan miliar rupiah, tapi triliunan rupiah. Jika digabungkan, harta kekayaan 5 orang paling kaya di Indonesia sekarang adalah US$ 36,4 miliar atau setara Rp 491,9 triliun (kurs: Rp 13.515/dolar).

3. Miliarder Termuda Indonesia Versi Forbes

Dalam 50 daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes terdapat miliarder dengan usia yang cukup muda. Dia adalah Ciliandra Fangiono. Pengusaha di sektor kelapa sawit ini berusia 39 tahun ini memiliki harta US$ 1,4 miliar. Ia menduduki peringkat 21 orang terkaya di Indonesia.

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.