Sukses

Mau Kuliah Sambil Bisnis? Perhatikan Hal Ini

Mengerjakan dua kegiatan antara usaha dan kuliah sekaligus, akan membutuhkan kerja keras agar keduanya bisa sukses bersamaan.

Liputan6.com, Jakarta - Kuliah sambil berbisnis? Kini sudah banyak yang melakukannya. Tapi seringkali pertanyaan yang muncul bagi para pemula adalah bagaimana cara yang tepat untuk memulainya.

Mengerjakan dua kegiatan antara usaha dan kuliah sekaligus, akan membutuhkan kerja keras agar keduanya bisa sukses bersamaan. Terutama di faktor pembagian waktu. Jadwal kuliah yang padat serta berbagai macam tugas­ yang harus dikerjakan, bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Jika dibayangkan, pekerjaan­ tersebut akan sangat terasa memberatkan. Namun jika kita bisa mengatur waktu dengan benar maka urusan tersebut dapat terselesaikan dengan mudah.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar dapat sukses berbisnis di bangku kuliah seperti dilansir dari laman money.usnews.com, Rabu (2/12/2015)

1. Ingat dan kejar impian

Tentunya ada target yang kita kejar, mengapa harus susah­-susah menjalankan kuliah sambil bekerja. Cara paling awal untuk sukses mengerjakan keduanya adalah, dengan konsisten mengingat apa yang menjadi impian Anda.

Misalnya saja kita punya impian untuk sukses di usia yang masih muda, ingin berkuliah dengan biaya sendiri, meringankan beban keluarga, dan sebagainya. Dengan begitu kita akan terus termotivasi untuk selalu mengarjakannya dengan baik.

2. Prioritaskan keduanya

Karena kuliah dan bekerja adalah kegiatan yang sama­-sama penting untuk masa depan kita, maka kita harus prioritaskan keduanya dengan bersamaan. Dengan ilmu yang didapatkan dari kuliah, kita akan memiliki bekal yang sangat bermanfaat untuk dapat bersaing di masa depan.

Lalu dengan mengerjakan usaha sedari dini juga bisa menjadi bekal pengalaman yang sangat berharga, mengingat menjalankan bisnis akan membutuhkan waktu yang lama serta pengalaman yang cukup untuk bisa meraih kesuksesan.

3. Pilih pekerjaan yang fleksibel

Agar pembagian waktu kulian dan bekerja bisa berjalan dengan baik, maka sebaiknya pilih pekerjaan yang fleksibel untuk di kerjakan. Misalnya dengan membuka bisnis sendiri atau berwirausaha. Dengan begitu waktu untuk bekerja bisa kita atur porsinya agar tidak menggangu kegiatan kuliah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

 

4. Pilih lingkungan yang positif

Sudah bukan rahasia lagi bahwa anak kuliahan identik dengan bersenang­-senang, berfoya­-foya, pergaulan bebas dan sebagainya. Salah satu yang bisa mempengaruhi kita untuk ikut terjerumus ke dalam hal tersebut adalah pemilihan lingkungan pergaulan yang salah.

Maka dari itu pilihlah teman yang berkegiatan positif sehari­-harinya, karena mengerjakan kuliah sambil bekerja adalah termasuk pilihan positif yang bertujuan menggapai masa depan lebih yang cerah.

5. Pantang menyerah

Dalam menjalankan usaha berarti akan menemui banyak halangan dan rintangan yang harus di hadapi, kemungkinan kegagalan dalam berbisnis adalah hal yang wajar dialami setiap pelakunya. Ini justru akan menjadi pengalaman berharga yang akan dimiliki.

Maka jika dalam perjalanan kuliah sambil mengerjakan usaha kegagalan tersebut terjadi, kita harus memiliki mental pantang menyerah yang tinggi. Periksa kembali faktor apa yang membuat usaha kita mengalami kegagalan, lalu jalankan kembali dengan semangat dan motivasi lebih tinggi dari sebelumnya. (Vna/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.