Sukses

Investor China Antusias Hadiri Ajang Promosi Investasi RI

Investor potensial yang hadir dalam kegiatan tersebut 30 persen di atas dari target yang dicanangkan sebanyak 100 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan promosi investasi Indonesia di Shanghai disambut antusiasme yang tinggi dari investor China. Tercatat 130 investor memadati ballroom hotel Four Seasons di Shanghai, China dalam kegiatan yang dilaksanakan Jumat (27/11/2015) kemarin.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyampaikan investor potensial yang hadir dalam kegiatan tersebut, 30 persen di atas target sebanyak 100 orang.

“Dari kegiatan forum bisnis, terlihat antusiasme yang tinggi dari peserta yang hadir. Beberapa pertanyaan yang disampaikan  juga menunjukkan tingginya minat investasi dari investor Tiongkok,” ujar Franky dalam keterangan resminya, Sabtu (28/11/2015).

Menurut Franky, investor yang hadir terdiri dari perusahaan-perusahaan yang bergerak di antaranya industri pangan, pertambangan, perdagangan, manufaktur, mesin, energi, telekomunikasi,  solid waste water plant, industri kemasan, konsultasi, dan industri logam. Selain perusahaan-perusahaan China, beberapa perwakilan BUMN juga hadir di antaranya Garuda Indonesia, Aneka Tambang dan Bank Mandiri.

Franky menambahkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan menunjukkan hasil yang signifikan dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan arus investasi dari China.

“Dalam beberapa survei yang muncul, pusat pertumbuhan ekonomi memang mulai bergeser ke Asia Timur. Dari sisi investasi Tiongkok mulai menggeliat menyusul Jepang dan Korsel yang telah mendominasi,” paparnya.

China merupakan salah satu negara prioritas yang ditargetkan dapat merealisasikan investasinya di Indonesia.

Dalam periode Januari dan September 2015, tercatat peningkatan komitmen investasi dari China sebesar 46 persen, yaitu senilai US$ 13,9 miliar yang sudah mendapatkan izin prinsip di Indonesia.

Menurut Franky, potensi kerja sama ekonomi antara Indonesia dan China sangat besar. Dirinya menyampaikan bahwa banyak hal yang bisa dikerjakan bersama, baik sebagai pemerintah maupun sebagai pelaku bisnis, untuk memajukan kesejahteraan kedua negara.  

China telah menjadi mitra dagang utama Indonesia sejak 2010 dan beberapa tahun belakangan ini, kehadiran investasi China semakin dirasakan di Indonesia.


Kegiatan yang dilakukan oleh BKPM mendapat dukungan penuh dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Shanghai.

Konsul Jenderal RI Shanghai Kenssy Dwi Ekaningsih menyampaikan bahwa kegiatan yang bersama oleh BKPM merupakan upaya pemerintah untuk melakukan diplomasi ekonomi di China.

Dalam lima tahun terakhir, realisasi investasi China rata-rata tumbuh 66 persen per tahun, dari US$ 174 juta pada tahun 2010 menjadi lebih dari US$ 800 juta tahun lalu. Sejak 2010, tercatat total rencana investasi senilai US$ 36 miliar dari China yang sebagian besar belum direalisasikan.

Dari data BKPM kumulatif Januari-September 2015, realisasi investasi China mencapai US$ 406 juta dengan jumlah proyek mencapai 705 proyek.

BKPM merilis realisasi investasi kumulatif Januari-September 2015 mencapai Rp 400 triliun, meningkat 16,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, sebesar Rp 342 triliun. Realisasi investasi PMDN, Januari-September meningkat 16,4 persen sebesar Rp 133,2 triliun, sementara realisasi investasi PMA naik 16,9 persen sebesar Rp 266,8 triliun.  (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BKPM merupakan kependekan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal.

    bkpm

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

Video Terkini