Sukses

Ikuti 4 Langkah Hemat Ini Saat Bangun Rumah

dengan pintar mengatur anggaran, Anda mampu mendapat rumah yang Anda inginkan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini banyak orang yang berpikir untuk membangun rumah sendiri dengan desain yang bisa dipilih dan bahan baku sesuai selera. Ternyata, mendapatkan rumah impian sebenarnya bukanlah hal yang sulit.

Tahukah Anda bahwa dengan pintar mengatur anggaran, Anda mampu mendapat rumah yang diinginkan.

Rancangan anggaran merupakan hal yang penting. Karena dengan pengaturan yang baik, Anda bisa mengetahui berapa perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah sendiri.

Selain anggaran, ada beberapa hal juga yang dapat Anda lakukan sehingga mudah mendapat rumah impian. Seperti dilansir dari laman mymoneycoach.ca, Sabtu (28/11/2015), berikut langkah-langkahnya:

Gunakan Jasa Arsitek

Jasa arsitek ini dimaksudkan untuk menghemat waktu dan menghindari kesalahan-kesalahan yang tak perlu sehingga biaya yang Anda keluarkan nantinya lebih hemat.

Mempekerjakan tenaga yang profesional akan membuatmu terhindar dari pemborosan karena kesalahan sepele saat membangun. Oleh karena itu sebelum membangun rumah, diskusikan masalah desain dan lika-liku ruangan dengan arsitektur.

Mencari Harga terbaik

Carilah harga terbaik untuk material rumah masa depan Anda. Meskipun demikian Anda tetap harus memperhatikan kualitas bahan bangunan. Jangan karena hanya fokus dengan harga yang murah, Anda malah mendapatkan bahan material yang jelek.

Kunjungi pusat perbelanjaan yang menjual bahan bangunan di daerah sekitar Anda. Manfaatkan program diskon yang ditawarkan.

Walau diskon yang diberikan tak seberapa bila Anda membeli dalam jumlah banyak akan sangat membantu menghemat biaya. Kelebihan uang karena penggunaan diskon dapat Anda pergunakan untuk membeli keperluan lain bagi rumah yang sedang dibangun.

Pergunakan kayu bekas

Bekas bukan berarti tidak berkualitas. Bagi Anda yang masih suka dengan bahan kayu yang murah dan kualitas baik, luangkan waktu untuk berburu kayu bekas berkualitas.

Pasalnya kayu berkualitas didapat dari pohon yang berumur tua dan layak untuk membangun rumah. Kayu ini tahan terhadap cuaca, rayap dan serangga lainnya. Rumah yang Anda bangun pun pastinya lebih tahan lama.

Mencari bahan bangunan awet

Untuk menghemat biaya, Anda juga bisa menggunakan bahan yang murah namun memiliki kekuatan dan cukup awet. Bahan atau barang bangunan jenis ini biasanya masuk dalam kategori kelas menengah.

Mulailah melakukan riset untuk mendapatkan informasi. Misalnya saja jenis-jenis cat yang berkualitas bagus tetapi harganya murah.

Selain mencari bahan bangunan yang awet, Anda juga bisa menjaga agar rumah Anda bisa awet hingga jangka waktu lama dengan memberikan formula anti rayap pada semua bahan kayu untuk menghindari serangan raya. Anda juga membuat formula campuran semen yang diaduk seimbang dengan pasir sehingga rumah Anda tidak mudah retak. (Vna/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini