Sukses

JK Puji Peran Pengusaha Ciptakan Banyak Pekerjaan

Sebagai timbal baliknya, pemerintah pun berusaha untuk memperkuat peran dan daya saing para pengusaha.

Liputan6.com, Bandung - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla memuji peran pengusaha dalam kontribusinya pada negara. Pengusaha dinilai mampu memberikan pekerjaan bagi sebagian besar penduduk di Indonesia, sementara pemerintah hanya mampu mempekerjakan sebagian kecil saja.

Ini diungkapkan JK saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) ke VII di Bandung, Senin (23/11/2015).

"Pemerintah hanya bisa memberikan lapangan kerja 4,5 juta pegawai negeri. Tapi Anda yang memberikan lapangan kerja ke 100 juta tenaga kerja yang ada. Jadi kemampuan dunia usaha adalah 25 kali lipat dibanding kemampuan pemerintah untuk berikan lapangan kerja," kata JK.

Sebagai timbal baliknya, pemerintah pun berusaha untuk memperkuat peran dan daya saing para pengusaha. Tidak hanya memperhatikan pengusaha atas saja, tapi pemerintah juga menaruh perhatian pada pengusaha kecil.

Caranya adalah memberikan bunga rendah pada Kredit Usaha Rakyat (KUR). Saat ini pemerintah sudah berhasil menurunkan bunga KUR dari‎ 22 persen menuju 12 persen, dengan subsidi. Tahun depan, KUR akan diturunkan kembali menjadi 9 persen.

"Berapa pun subsidinya pemerintah akan bayar agar pengusaha kecil menengah naik pangkat jadi pengusaha menengah dan pengusaha besar. Begitu juga pengusaha-pengusaha besar kita harapkan untuk kerja sama dengan pengusaha kecil menengah," jelas JK.

Dalam kesempatan ini, mantan Ketua Umum Golkar itu mengajak para pengusaha untuk membayar pajak usahanya. Ia juga mengingatkan ada kebijakan tax amnesty dan keuntungan yang diberikan. Bila pajak tidak dibayar, maka pemerintah tak segan-segan untuk menyita.

"Apapun usaha Anda 25 persen milik pemerintah, jadi bayar pajak. Segera bayar pajak, kalau tidak karena milik bersama ya bisa kita tarik," tandas dia.‎(Silvanus/Nrm)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.