Sukses

Menteri Susi Tolak Usulan Kadin soal Kapal Berbendera Asing

Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti meminta pengusaha tergabung dalam Kadin juga turut mendukung nelayan Indonesia dengan bangun infrastruktur

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengkritik keras usulan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengenai dibukanya kembali izin penangkapan ikan dengan menggunakan kapal berbendera asing.

Menurut Susi, apa yang diusulkan Kadin tersebut dianggap Susi hanya akal-akalan demi mendapatkan kerjasama bisnis dengan pihak asing.

"Saya katakan tidak setuju, saya meminta kepada Kadin tolong apresiasi nelayan kita‎, beri kesempatan kepada mereka," kata Susi di rumah dinasnya, Kamis (19/11/2015).

Ia menambahkan, jika izin penangkapan ikan menggunakan kapal asing tersebut diizinkan, maka akan mencoreng nama baik Indonesia.

Menurut Susi, hanya negara yang terbelakang yang mengizinkan asing untuk menangkap ikan di perairan negara sendiri. Sampai saat ini, Susi terus memberikan kepada nelayan-nelayan lokal demi meningkatkan kapasitas tangkapnya dan memberi peluang seluas-luasnya untuk menangkap ikan.‎ Dengan begitu, nelayan-nelayan Indonesia akan sejahtera.

"‎Sekarang sudah  berusaha yang benar, saya minta kadin menjadi pengusaha yang benar, dukung saja nelayan kita bangun infrastruktur, beli ikan dari nelayan kita," tegas Susi.

Susi menuturkan, dirinya juga membantah adanya pihak-pihak pengusaha yang mengatakan semenjak kebijakan kapal asing dilarang menangkap ikan di Indonesia, pasokan ikan ke industri pengolahan mengalami penurunan.

"Penutupan izin kapal ikan asing akan menyebabkan perusahaan pengolahan ikan kita kekurangan pasokan, saya bilang itu bohong, ikan kita banyak," papar Susi Pudjiastuti.

Seperti diketahui, Kadin mengusulkan untuk membuka kembali izin tangkap ikan oleh kapal asing. Ini dilakukan dalam rangka mendukung industri pengolahan dalam negeri. Jika izin tangkap ikan oleh kapal asing itu dibuka, Kadin mengusulkan untuk lebih mengawasi saham-saham perusahaan yang mengoperasikan kapal-kapal asing tersebut. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti kerap jadi perbincangan karena gayanya yang cuek. (Via: liputan6.com)
    Susi Pudjiastuti adalah pengusaha yang didaulat Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja 2014-2019

    Susi Pudjiastuti

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

Video Terkini