Sukses

Apa Kabar Inter Milan di Bawah Kepemilikan Trio Pengusaha RI?

Tiga pengusaha asal Indonesia yang dipimpin oleh pengusaha media Erick Thohir resmi membeli 70 persen saham Inter Milan.

Liputan6.com, Jakarta - Dua tahun sudah klub sepak bola Italia, Inter Milan dimiliki trio pengusaha Indonesia, yakni Erick Thohir, Rosan P. Roeslani dan Handy Soetedjo. Bagaimana kabar klub yang dibeli dengan perkiraan harga 350 juta euro atau sekitar Rp 5,3 triliun itu?

Rosan, salah satu pemilik Inter Milan mengaku bahwa peran dan keterlibatannya dalam klub sepak bola papan atas itu hanya sebatas di belakang layar. Ia menyerahkan sepenuhnya kepengurusan kepada rekan bisnis, Erick Erick Thohir.

Baca Juga



"Kalau Inter Milan, Erick Thohir yang ngurusin. Saya sih di belakang saja, yang penting bagaimana nomor satu dalam klasemen itu. Tapi biar Pak Erick Thohir saja," tegas Rosan, Presiden Direktur PT Recapital Advisor saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Minggu (15/11/2015).

Bakal calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia itu mengatakan, saat mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang penasihat keuangan, Recapital bersama sahabatnya, Sandiaga Uno, Rosan lebih senang berkutat menuangkan ide atau gagasan untuk kemajuan perusahaan.

"Saya memang lebih senang ada di belakang layar, biar partner saya Sandiaga Uno yang ada di depan. Tapi maju sebagai calon Ketua Umum Kadin dari suatu kebetulan, menjadi sebuah panggilan agar membawa manfaat bagi Kadin dan dunia usaha," kata Rosan.

Berikut sosok trio pengusaha Indonesia yang membeli 70 persen saham Inter Milan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Rosan Perkasa Roeslani

1. Rosan Perkasa Roeslani

Sepulang menimba ilmu di Amerika dan memperoleh gelar Sarjana di bidang Administrasi Bisnis, Rosan melamar pekerjaan di perbankan pada 1993. Lalu dia melanjutkan studinya ke Belgia dan mencapai gelar Master di bidang Administrasi Bisnis (MBA) dan kembali ke Jakarta pada 1996.

Di sana, dia bersama teman-temannya yang juga bergerak di bidang finance, mendirikan usaha di Jakarta. Rosan mendirikan PT Republik Indonesia Funding atau sering disingkat Finance Indonesia.

Mulanya banyak mencibir usahanya, namun mereka tetap berusaha meyakinkan akan membuat financial restructure. Apalagi pada pertengahan 1997, boleh dibilang hampir semua perusahaan di Indonesia butuh restrukturisasi.

Rosan Roeslani aktif juga di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Perbankan, Keuangan dan Pasar Modal. Rosan menjabat sebagai Komisaris PT. Mahaka Media Tbk sejak tahun 2008.

Saat ini, Mantan Presiden Direktur PT Berau Coal Energy Tbk aktif sebagai Presiden Direktur Recapital Advisor serta Dewan Komisaris PT Lativi Mediakarya (TV One). Dia juga mitra Thohir dalam pembelian klub DC United di MLS.

Pada awal tahun 2014, Presiden Inter Milan Erick Thohir merombak direksi manajemen klub dengan memilih Grant Ferguson, salah satu petinggi perusahaan televisi di Asia Tenggara masuk ke jajaran direksi. Grant Ferguson menggantikan Rosan Roeslani.

3 dari 4 halaman

2. Erick Thohir

2. Erick Thohir

Dikutip dari webpronews.com, Erick dikabarkan memperoleh uang untuk membeli klub Italia dari industri media raksasa yang dimilikinya. Pengusaha lulusan National University, California ini diketahui memiliki stasiun televisi, radio, serta surat kabar cetak dan online.

Diberitakan fedenerazzura.com, keluarga Thohir memang terkenal super kaya. Kakak laki-lakinya Garibaldi Thohir diketahui memiliki pendapatan senilai 1 miliar euro. Sedangkan ayah keduanya, merupakan pemilik raksasa bisnis otomotif, Astra International dengan laba mencapai 20 miliar euro per tahun.

Meski demikian, Thohir memilih untuk mendirikan bisnis sendiri. Laman espnfc.com mengungkapkan pundi kekayaan Erick berasal dari sejumlah perusahaannya yang bergerak di bidang industri media. Erick mengelola majalah, surat kabar, stasiun televisi dan radio, juga sejumlah situs periklanan, penjualan tiket dan situs-situs hiburan yang bersifat komersil.

4 dari 4 halaman

3. Handy Soetedjo

3. Handy Soetedjo

Pengusaha Indonesia yang berinvestasi di sektor batu bara, minyak dan gas serta real estate dan berbagai perusahaan media. Handy juga mitra bisnis dari Thohir di Mahaka Group.

Handy Soetedjo adalah lulusan MBA dari the Katz Graduate School of Business di University of Pittsburgh. Dia pun ikut terlibat dalam pembelian Philadelphia 76ers dari NBA pada tahun 2011.

Sosoknya simpel, kalem, namun teliti. Cocok dengan latar belakang pendidikan finance di University of Pittsburgh Katz Graduate School of Business, AS.

Handy Purnomo Soetedjo, bersama dengan Erick Thohir, adalah part owner klub NBA Philadelphia 76ers, yang sedang merajai divisi Atlantik musim 2011 dan 2012.

Tiga pengusaha asal Indonesia yang dipimpin oleh pengusaha media Erick Thohir resmi membeli 70 persen saham di klub tersebut. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.