Sukses

Kini RI Jadi Pengekspor Bawang Merah hingga Kacang Hijau

Kini Indonesia boleh berbangga karena berhasil mengekspor sejumlah produk holtikultura.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah setahun menjabat, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman memamerkan keberhasilannya dalam mendorong ekspor produk holtikultura dalam negeri.

Dia menuturkan, kini Indonesia boleh berbangga karena berhasil mengekspor sejumlah produk holtikultura. Bahkan ada produk yang pada tahun-tahun sebelumnya Indonesia harus impor kini berbalik menjadi ekspor, yaitu bawang merah.

"Bawang dulu kita impor, sekarang ekspor 5.000 ton," ujarnya di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (9/11/2015).

Selain bawang merah, ini Indonesia juga mengekspor beras ketan, beras organik, kacang hijau, jagung hingga ayam ke negara lain.

Baca Juga


"Sekarang kita sudah ekspor kacang hijau 60 ribu ton ke lima negara, jagung sebanyak 400 ribu ton. Ayam ekspor ke Myanmar. Ada beras ketan ekspor 134 ton ke Italia. Beras organik juga ada kelompok tani di ekspor 20 ton tiap bulan," kata dia.

Menurut Amran, dengan mengendalikan diri dari impor, selain memperbaiki dan mendukung sektor pertanian di dalam negeri, pemerintah juga lebih menghemat devisa negara.

"Karena kita kendalikan impor selama ini, hasilnya hemat devisa kurang lebih Rp 50 triliun," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini