Sukses

4 Langkah Mudah Mengatur Investasi dan Pengeluaran Bulanan

Lakukan perencanaan keuangan dengan baik agar investasi berjalan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Dahulukan investasi minimal 10% di reksadana sebelum melakukan pengeluaran rutin lain, sehingga kita bisa mempersiapkan perencanaan keuangan dengan baik. Mungkin hal ini terlihat sulit, untuk mengatur investasi sekaligus pengeluaran bulanan. Padahal keduanya penting untuk aktivitas harian maupun untuk tabungan di masa depan. Lalu, bagaimana cara agar kedua pengeluaran ini terpenuhi?

Ini dia 4 langkah mudah mengelola gaji untuk mengatur pengeluaran bulanan dan investasi Anda.

1. Bagilah Pengeluaran Anda

Setiap Anda menerima pemasukan, aturlah pengeluaran sesuai kebutuhan Anda. Pengeluaran ini bisa dibagi untuk pengeluaran harian, cicilan bulanan, pengeluaran untuk hiburan, dan investasi. Pembagian ini bertujuan agar Anda bisa merencanakan keuangan sejak awal.

2. Buatlah Komitmen

Setelah membagi pengeluaran Anda, buatlah komitmen untuk menabung dengan berinvestasi. Dalam sebulan Anda bisa mengalokasikan 10 persen pengeluaran Anda untuk kebutuhan investasi di masa depan. Alokasi untuk investasi memang penting, agar Anda bisa menabung secara rutin dengan jumlah yang sudah ditetapkan.

Selanjutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1

3. Pisahkan Rekening Tabungan

Anda pun bisa membuat dua tabungan untuk menabung dan pengeluaran harian. Selain memiliki rekening untuk kebutuhan sehari-sehari, Anda juga harus memiliki rekening untuk menabung. Sehingga ketika mendapatkan pemasukan, Anda pun bisa memindahkan dana ke rekening yang sudah ditetapkan untuk investasi jangka panjang, seperti reksadana.

4. Pisahkan Pengeluaran Tidak Terduga

Jangan lupa untuk memberi anggaran untuk pengeluaran tidak terduga. Tentunya Anda tidak ingin rencana keuangan Anda akan berantakan karena keadaan darurat. Untuk itu, alokasikan juga pengeluaran tidak terduga untuk kondisi yang tidak diinginkan.

Tentunya dibutuhkan gaji yang sesuai untuk bisa mengalokasikan dana untuk investasi. Apakah gaji Anda sudah cukup untuk investasi? Apakah gaji Anda saat ini sudah sesuai dengan posisi dan lamanya Anda berkarir? Yuk langsung saja cek gaji Anda di sini. Karir.com bekerjasama dengan Kelly Service menghadirkan fitur Salary Benchmark, sehingga Anda bisa membandingkan gaji sekarang dengan standar gaji di pasar kerja Indonesia.

Anda pun bisa mendapatkan tips karier untuk membangun pekerjaan lebih baik. Ayo, ajak teman menggunakan fitur ini dan raih kesempatan memenangkan 1 unit Vespa S! Yuk, cek sekarang juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini