Sukses

Kontribusi BUMN untuk Masyarakat di 70 Tahun Indonesia Merdeka

Perusahaan BUMN juga berkontribusi untuk para pelajar dengan memberikan sumbangan ke SMK.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkapkan bahwa perusahaan BUMN telah banyak berkontribusi pada masyarakat untuk memperingati HUT RI 70. Salah satu Kontribusi perusahaan BUMN kepada masyarakat tersebut adalah bantuan kepada veteran pejuang RI.

"Kontribusi BUMN Indonesia di 70 Indonesia merdeka salah satunya renovasi rumah veteran, 45 rumah veteran tiap provinsi. Kami berkomitmen akan melakukan renovasi sepanjang tahun," ujarnya, dalam acara 'BUMN Hadir untuk Negeri' di Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Selain itu, perusahaan BUMN juga berkontribusi untuk para pelajar dengan memberikan sumbangan ke SMK. Sebagian besar bantuan berupa alat-alat laboratorium.

"Dalam 70 tahun Indonesia merdeka kami  juga memberikan sumbangan ke 17 SMK setiap provinsi. Ada 578 SMK tersebar di seluruh Indonesia. Kami memberikan sesuai kebutuhan, kebanyak peralatan laboratorium," tuturnya.

Perusahaan BUMN juga memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar di luar provinsi tempatnya belajar. Tujuannya supaya siswa mendapatkan pengetahuan di provinsi lain.

"Selain itu kami memberikan siswa antar provinsi jadi tiap provinsi mengirim 17 siswa mereka ingin berkunjung provinsi yang mana. Sehingga harapakan pelajar dapat mengenal negerinya sendiri. Sehingga merasa republiknya luas dan kaya," tandas Rini. 

Di luar itu, pada 21 hingga 23 Agustus kemarin perusahaan-perusahaan yang bernaung di bawah BUMN juga telah menggelar pameran bertajuk Indonesia Hebat yang juga merupakan rangkaian acara untuk memperingati HUT ke-70 Kemerdekaan RI.

Tercatat, 58 perusahaan memamerkan produk unggulannya di Parkir Selatan, Gelanggang Olahraga Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Rini mengatakan, melalui pameran tersebut perusahaan BUMN mencoba menunjukkan eksistensinya dalam membangun Indonesia dan bukan hanya mencari keuntungan semata.

"BUMN bukan hanya alat negara buat cari keuntungan lewat dividen dan pajak, tapi juga memberi manfaat luas kepada masyarakat," kata Rini.

Melalui pameran tersebut, perusahaan BUMN menunjukkan kekuatannya ke masyarakat dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan mulai berlangsung di akhir 2015 nanti.

"Pameran ini bagian dari BUMN hadir untuk negeri. Apalagi akhir tahun ini kita akan menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN. Saya berharap lewat pameran ini masyarakat bisa lihat kesiapan BUMN memasuki ajang global," tutupnya. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.