Sukses

Top 5 Bisnis: Garuda Punya Hanggar Pesawat Terbesar Dunia

Hanggar ini mampu menampung hingga 16 badan pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, menjadi maskapai yang kini memiliki bengkel pesawat atau hanggar terbesar di dunia. Hanggar ini berlokasi di area Bandara Internasional Soekarno Hatta. Apa saja kecanggihan hanggar ini?

Disebut terbesar di dunia karena hanggar ini mampu menampung hingga 16 badan pesawat, sedangkan rata-rata di dunia hanggar hanya mampu menampung 10-12 pesawat berbadan kecil (narrow body).

PT Garuda Maintenance Facility yang merupakan anak usaha Garuda Indonesia di daulat sebagai perusahaan yang akan mengelola hanggar tersebut.

Artikel mengenai hanggar pesawat terbesar di dunia milik Garuda menjadi berita yang paling diburu pembaca. Lengkapnya, berikut lima artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com edisi Kamis, 24 September 2015:

1. Ini Kecanggihan Hanggar Pesawat Terbesar Dunia Milik Garuda

Garuda, menjadi maskapai yang kini memiliki bengkel pesawat atau hanggar terbesar di dunia.

Selain besar, kecanggihan lain hanggar ini nantinya akan dioperasikan teknologi canggih dan menerapkan konsep green energy, sehingga selain hemat listrik nantinya juga akan ramah lingkungan.

Mengingat hanggar ini memiliki luas 64 ribu meter persegi dan satu kompleks dengan hanggar lama yang sudah dimiliki Garuda Indonesia, dalam operasionalnya direncanakan juga menggunakan mobil listrik.

"Insya Allah, Pak Jokowi bisa meresmikan pada 28 September, atau kalau tidak Bu Menteri (BUMN). Sekarang sudah beroperasi, tapi belum beroperasi 100 persen," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo.

2. Bernilai Ratusan Miliar, Inikah Berlian Termahal di Dunia?

Sebuah berlian biru nan sempurna akan menjadi batu permata paling mahal di dunia saat dilelang November nanti di rumah lelang Sotheby.

Blue Moon Diamond adalah nama untuk berlian langka ini. Berlian cantik ini memiliki berat 12,03 karat yang diharapkan terjual hingga 35 juta pound sterling atau sekitar Rp 780 miliar (kurs Rp. 22.311 per pound sterling).

Menurut ahli permata internal tempat lelang itu, Blue Moon Diamond memiliki kebeningan yang luar biasa, dikombinasikan dengan warna biru laut yang cerah, menjadikannya salah satu batu paling langka di dunia.

3. Kapan Merak Hingga Surabaya Tersambung Tol?

Perkembangan pembangunan tol Trans Jawa terus dikebut. Hingga saat ini, beberapa ruas tol belum tersambung seluruhnya, bahkan ada sejumlah titik yang konstruksinya masih nihil karena pembebasan lahan.

Data yang didapat Liputan6.com dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), hanya satu ruas yang sudah beroperasi secara keseluruhan yakni Cikopo-Palimanan sepanjang 116 km. Tol yang dioperasikan oleh PT Lintas Marga Sedaya ini beroperasi pada 13 Juni 2015.

Sedangkan yang sama sekali belum ada perkembangan konstruksinya adalah Pemalang-Batang sepanjang 39,2 km serta Batang-Semarang sepanjang 75 km. Jika sudah tersambung seluruhnya, maka mulai dari Merak, Jakarta, Semarang hingga Surabaya semuanya akan tersambung dengan jaringan tol.

4. Ini Keistimewaan Pola Pikir Orang Kaya

Setelah meneliti banyak orang kaya, Steve Siebold penulis buku How Rich People Think, menemukan kalau orang kaya memiliki pola pikir berbeda dari kebanyakan orang.

Siebold mengamati ada perbedaan, terutama dalam hal menetapkan tujuan. Orang kaya menetapkan harapan lebih tinggi dibandingkan rata-rata kebanyakan orang yang menetapkan harapan rendah.

"Psikolog dan ahli kesehatan mental lainnya sering menyarankan untuk menetapkan harapan yang rendah dalam hidup mereka, supaya mereka tidak kecewa," tulis Siebold.

Namun Siebold menambahkan tidak akan menjadi kaya tanpa harapan-harapan besar. Orang kaya selalu berharap dapat menghasilkan lebih banyak uang, mereka tidak takut untuk berpikir besar. Di sisi lain, banyak orang yang berharap untuk selalu berjuang, dan cenderung betah walau penghasilan pas-pasan.

5. Jual Elpiji Khusus Wanita, Pertamina Tak Ambil Untung


PT Pertamina (Persero) bakal mengeluarkan produk baru epiji ukuran 5,5 kilogram (kg) pada Oktober. Elpiji ini dirancang untuk menyasar kaum wanita atau ibu-ibu rumah tangga yang kini menggunakan gas 3 kg.

Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang menjelaskan, perseroan akan memasarkan produk Elpiji baru ini dengan meniru strategi pemasaran saat perseroan meluncurkan BBM jenis baru, Pertalite beberapa waktu lalu. (Ndw/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini