Sukses

Gempa Goncang Pariwisata Indonesia

Gempa bumi yang melanda Indonesia dalam sepekan terakhir ini berpotensi menganggu sektor pariwisata di dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi yang melanda beberapa wilayah di Indonesia dalam sepekan terakhir ini dinilai berpotensi menganggu sektor pariwisata di dalam negeri.

Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didien Junaedy mengatakan, meski belum masuk dalam kategori bencana nasional, namun peristiwa alam semacam ini dikhawatirkan menganggu sektor pariwisata.

"Pada dasarnya ini sesuatu yang tidak diharapkan. Dan ada potensi untuk kehilangan potensi bisnis kita," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (30/7/2015).

Dia menjelaskan, dengan adanya rentetan peristiwa alam semacam ini dikhawatirkan menimbulkan ketakutan wisatawan terutama mancanegara untuk berlibur ke Indonesia.

"Kalau jadwal liburnya pendek misalnya, mereka bisa mengalihkan ke destinasi-destinasi lain yang aman. Kalau pengalihan destinasi itu tetap berada di Indonesia tidak apa-apa, tetapi yang rugi kalau destinasinya ke negara lain," kata dia.

Agar tidak menimbulkan ketakutan dan trauma bagi wisatawan, lanjut Didien, pemerintah dan seluruh pelaku usaha di sektor ini diharapkan mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

Dengan demikian, diharapkan para wisatawan tidak takut jika kembali terjadi gempa semacam ini dan tidak mengalihkan liburannya di Indonesia.

"Yang harus kita jaga yaitu agar orang tidak trauma, dengan cara berikan layanan yang cukup," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan.

    Pariwisata

Video Terkini