Sukses

Nasib Dana Talangan Lapindo Ada di Tangan Menteri Kuangan

Dana talangan Lapindo sebesar Rp 827,1 miliar akan diverifikasi dengan lebih dari 4.000 berkas yang akan mendapat talangan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menganggarkan dana talangan untuk korban lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur, dengan nilai Rp 827,1 miliar. Dana tersebut dijanjikan akan cair pada akhir Juni 2015.

Namun kenyataannya, hingga saat ini dana tersebut juga masih belum cair. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimudjono mengungkapkan nasib pencairan dana tersebut saat ini ada di tangan Menteri Keuangan.

Kementerian Keuangan, dijelaskan Basuki, masih melakukan tahapan finalisasi dokumen sebelum nantinya langsung ditandatangani olehnya. Setelah tahap tersebut selesai, maka dana talangan tersebut dapat langsung dicairkan.

"Kalau saya secepatnya. Pak Menkeu bisa menyelesaikan dengan cepat, saya akan langsung tanda tangan‎," kata Basuki di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/7/2015).

Sebagai Kementerian yang bertanggung jawab atas alokasi dana talangan tersebut, Basuki terus memantau finalisasi dokumen tersebut dan mendorong untuk segera diselesaikan.

Setelah proses finalisasi selesai dan mendapat tandatangan dari Menteri Keuangan dan Menteri PU-Pera maka tahapan selanjutnya adalah proses verifikasi data para korban yang ada di sekitar lumpur Lapindo.

Dijelaskan Basuki, dana Rp 827,1 miliar tersebut setidaknya akan diverifikasi dengan lebih dari 4.000 berkas sesuai dengan masing-masing pihak yang berhak menerima.

‎"Proses registrasi dan verivikasi di daerah itu satu hari sekitar 400 orang, padahal semuanya ada 4.000 berkas yang dicocokan," tutup Basuki. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini