Sukses

Anggaran Meningkat, Menteri Susi Bakal Rekrut Banyak Pegawai KKP

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menuturkan, perekrutan pegawai KKP tidak hanya dari jurusan kelautan saja.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan akan bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) untuk merekrut pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyampaikan hal tersebut saat pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Iskindo di Istana Merdeka pada Jumat (3/7/2015).

Susi mengatakan, kerja sama perekrutan pegawai KKP dengan Iskindo akan terjadi dalam waktu dekat ini. Ia juga meminta agar Iskindo membantu KKP mencari para sarjana kelautan yang berkualitas untuk berkarir di Kementeriannya.

"Saya tadi bilang kalau saya bisa dapat seratus the best dari mereka. Mau saya untuk bantu di KKP. Kementerian Kelautan dan Perikanan sekarang ekspansi dengan anggaran dan bantuan yang lebih banyak lagi untuk para pemangku kepentingan. Kalau kami dapat Rp 25 triliun itu berarti hampir 2,5 kali sekarang. Jadi kami butuh orang-orang baik, itu saja," kata Susi.

Terkait ekspansi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi menjelaskan KKP akan menambah karyawan yang lebih baik dan yang lebih berkualitas tentunya. Sebelumnya, Susi mengaku sudah pernah membahas hal ini dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi.

"Kita sekarang mau mencari fresh graduate dari universitas, lima terbaik. Sudah dikasih izin sama Menpan untuk merekrut PNS, itu spesial. Seperti dulu dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri, kita akan melakukan sama, the best five dari universitas negeri itu kita akan ambil, tapi di-assess juga karena kita hanya punya 50 kursi,” tegas Susi.

Mantan Bos Susi Air itu  menambahkan, para angkatan kerja pertama‎ itu nantinya akan disekolahkan. Namun ia menginginkan agar mereka yang masuk orang yang mempunyai kapasitas.

"Pokoknya harus the best material terlebih dulu, orang yang pintar dan mau kerja keras. Kita assess secara psikologis  nantI kami sekolahkan, dengan harapan  2 atau 3 tahun mereka balik bisa menjadi para pemimpin kelautan di KKP seluruh Indonesia,” ujar Susi.

Susi menjelaskan lulusan terbaik itu akan berasal dari berbagai universitas dan jurusan bukan hanya kelautan. Perekrutan akan dimulai tahun ini untuk masuk kerja tahun depan. "‎Setelah Lebaran. Kami sudah berencana dikasih 50, tahun depan minta 50 lagi. The best, the best, the best. Jadi KKP maunya dibangun oleh manusia-manusia terbaik dan saya yakin ada," tutur Susi.

Sebelumnya Iskindo memberikan saran dalam pertemuan itu. Sejumlah saran itu antara lain membangun pulau terluar dan perbaikan sertifikasi bagi Sarjana Kelautan.

"Perbaikan sertifikasi seperti sarjana ekonomi atau sarjana apa kan jelas, di Kelautan ini kan ada kelautan, ada perikanan. Nah, ini yang mereka ingin ada standar yang baku," ujar Susi Pudjiastuti.

Susi juga menyetujui saran Iskindo untuk mengadakan perbaikan data base kelautan dan perikanan."Mereka menginginkan kita memperbaiki database, itu juga salah satunya yang menjadi kendala dalam kerja, data base kita itu ndak bagus," kata Susi. ‎‎ (Luqman R/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini