Sukses

5 SPBG Dibangun di Surabaya Tahun Ini

Pemerintah Kota Surabaya tengah mendorong penggunaan bahan bahar gas (BBG) untuk sektor transportasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Surabaya tengah mendorong penggunaan bahan bahar gas (BBG) untuk sektor transportasi. Salah satunya dengan pembangunan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) di ibukota Jawa Timur tersebut.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, untuk tahap awal pihaknya telah menggandeng PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) untuk menyuplai kebutuhan gas ke SPBU milik Pertamina sehingga bisa menyediakan BBG.

"Kita sepakat dengan PGN untuk meningkat suplai. Kalau dijamin suplainya, SPBU bisa dimasuki BBG," ujarnya di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (29/5/2015).

Selain itu pada tahun ini, lanjut Risma, di Kota Surabaya akan ada lima SPBG baru yang akan dibangun oleh PGN.

"Kalau dari PGN ada tambahan lima unit (SPBG) dan beberapa kendaraan kami sudah mulai gunakan gas," lanjutnya.

Dia menjelaskan, sebenarnya Surabaya telah memiliki satu SPBG. Namun keberadaannya belum bermanfaat secara maksimal karena letaknya yang jauh sehingga sulit terjangkau oleh pengguna kendaraan.

"Saya sampaikan ke Pak Menteri bahwa Surabaya pernah punya satu SPBG. Tapi di Surabaya orang bukan tidak mau gunakan, tetapi karena jaraknya jauh sehingga penggunaan BBG tidak efektif," kata dia.

Jika kedua hal ini bisa terlaksana cepat, Risma yakin akan mendapat sambutan baik dari masyarakat Surabaya karena BBG dinilai jauh lebih efisien dan ramah lingkungan dibandingkan bahan bakar minyak.

"Kalau terjadi, masyarakat akan seneng, karena efisien, murah dan sehat. Karena kualitasnya lebih baik dibandingkan premium," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini