Sukses

Harga Rumah Termurah di RI Rp 75 Juta per Unit

400 unit rumah dengan harga sangat terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) akan membangun 400 unit rumah dengan harga sangat terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Palembang, Sumatera Selatan. APERSI bakal menjual rumah tersebut seharga Rp 75 juta per unit.

"Kami lagi menyiapkan pembangunan rumah termurah di Indonesia seharga Rp 75 juta per unit. Ini baru pertama kalinya di Indonesia," ujar Ketua Umum APERSI, Eddy Ganefo saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Rabu (6/5/2015).  

Lebih jauh dijelaskannya, dengan harga semurah itu, APERSI membangun 400 unit rumah tapak di Kota Palembang dengan tipe 36. "Fasilitasnya dua kamar, pakai plafon gypsum, cat luar dalam. Jadi layaknya rumah subsidi dan ini murah sekali," terangnya.

Tujuan pembangunan rumah termurah ini, kata Eddy, selain untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi MBR dan menyukseskan Program Sejuta Rumah, APERSI juga ingin membuktikan bahwa pengembang masih bisa membangun rumah murah di pusat kota tanpa mengurangi keuntungan.

"Karena ada pengembang yang merengek-rengek minta menaikkan harga rumah subsidi, kasihan MBR. Padahal dengan harga Rp 75 juta per unit, pengembang masih bisa menikmati margin. Jadi jangan mencari kesempatan dalam momen-momen seperti ini," tegasnya.

Dia berharap, perizinan membangun rumah termurah dari Pemerintah Kota Palembang dapat segera tuntas pada tahun ini. Pasalnya, Eddy bilang, APERSI telah menyiapkan lahan seluas 10 hektare (ha) di pusat kota Palembang.

"Sekarang ini kami belum berani jualan. Tapi sudah ada 70 orang lebih yang memesan rumah tapak ini," jelas Eddy. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini