Sukses

Weekly Top 5 Bisnis: Pembatasan Tamu Pernikahan Putra Jokowi

Berikut lima artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com, pada 13-25 April 2015:

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi telah mengeluarkan aturan pembatasan jumlah undangan pada pesta pernikahan pejabat negara sebanyak 400 undangan. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 13/2014 tentang Gerakan Hidup Sederhana  yang diteken Menteri Yuddy pada 20 November 2014.

Dalam surat edaran itu tertuang jumlah undangan resepsi penyelenggaraan acara seperti pernikahan, tasyakuran dan acara sejenis lainnya maksimal 400 undangan dan membatasi jumlah peserta yang hadir tak lebih dari 1.000 orang. Apakah aturan ini juga berlaku bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sebentar lagi akan menggelar hajatan besar pernikahan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dengan Putri Solo 2009, Selvi Ananda?

Informasi mengenai pembatasan tamu pesta pernikahan putra Jokowi tersebut menjadi berita yang paling dicari pembaca sepekan ini. Selain itu juga ada beberapa artikel lain yang juga menarik untuk disimak.

Lengkapnya, berikut lima artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com, pada 13-25 April 2015:

1. Tamu Pesta Pernikahan Putra Jokowi Dibatasi 400 Undangan?

Profil Gibran Rakabuming Raka & Selvi Ananda Putri (M. Akrom Sukarya/bintang.com)

Pengamat Politik dan Birokrasi, Miftah Thoha berpendapat, aturan pembatasan tamu seharusnya berlaku pula untuk acara perkawinan putra Presiden Jokowi, selain pejabat di pemerintahan pusat dan daerah. "Kalau diberlakukan untuk pejabat pemerintah negara, ya harus sama perlakuannya untuk Jokowi," tegas dia saat berbincang dengan Liputan6.com.

Meski begitu, Guru Besar Ilmu Administrasi Negara Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menambahkan, sebagai Presiden, Jokowi mempunyai tata cara protokoler atau aturan yang berbeda dengan bawahannya. "Pembatasan itu berlaku secara umum, tapi harus sesuai protokoler Presiden. Pasti sudah ada tata caranya, apakah memperbanyak atau mengurangi atau tetap," terang Miftah.

2. Jokowi Masuk Jajaran Orang Paling Berpengaruh di Dunia

Presiden Joko Widodo (tengah), Mendikbud Anies Baswedan (kiri) dan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama memberikan keterangan disela kunjungannya meninjau pelaksanaan UN di SMA Negeri 2 Jakarta, Selasa (14/4/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didaulat sebagai salah satu orang paling berpengaruh dunia versi Time. Sejak pemilihan umum tahun lalu, Jokowi memberikan energi luar biasa dan sangat populer di Tanah Air yang dikenal sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia.

Seperti ulasan versi Time, Jokowi sukses berkembang dari sosok yang rendah diri menjadi pengusaha kaya. Hal serupa juga dialami presiden pertama Indonesia.

3. Kopi Luwak RI Kalahkan Starbucks

Manakah negara penghasil kopi terbaik di dunia? Ternyata bukanlah Indonesia.

Indonesia dinobatkan sebagai surga kopi dunia dalam sebuah pameran kopi kelas internasional di Amerika Serikat (AS). Penghargaan ini pun tidak dibantah Badan Pusat Statistik (BPS) yang memuji ragam kopi Tanah Air karena telah berhasil menembus pasar global.

"Memang betul Indonesia surga kopi. Ekspor kopi kita sudah masuk ke seluruh dunia. Tapi angka ekspornya tidak tahu secara pasti," kata Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo.

4. Harga BBM Turun atau Naik pada Pertengahan April?

Kebijakan ini dilatarbelakangi turunnya kuota subsidi BBM di APBN-P 2014 dari 48 juta kiloliter menjadi 46 juta kiloliter, Senin (4/8/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Memasuki pertengahan bulan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) khususnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pasti sibuk menghitung harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar.

Perhitungan ini akan dilaporkan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil. Namun sudah hampir tanggal 15, Sofyan mengaku belum mendapat laporan dari Kementerian ESDM mengenai perhitungan harga BBM yang berasal dari perkembangan harga minyak dunia serta nilai tukar rupiah. 

5. Ini Dia Senjata Terlaris Buatan Pindad



PT Pindad (Persero) merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di sektor industri pertahanan. Selain memproduksi Panser Anoa yang banyak dipesan negara-negara di dunia, Pindad juga mampu menghasilkan beraneka ragam senjata, baik laras panjang ataupun pistol.

Tak hanya itu, Pindad kini juga telah mampu menghasilkan amunisi sendiri dengan berbagai macam varian. Hal itu menjadi keunggulan Pindad dalam memberikan pilihan bagi para calon pembelinya. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini